Manajemen Program Sekolah Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Di Jenjang Sekolah Dasar
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen program sekolah untuk meningkatkan Life Skills peserta didik di jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan menggunakan Metode Kepustakaan atau Analisis Jurnal. Tahapan-tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi: Identifikasi Topik Permasalahan, mencari kajian yang relevan, mengklasifikasikan dan menarik kesimpulan untuk menjawab topik permasalahan. Analisis yang digunakan menggunakan analisis isi. Hasil studi literatur menunjukan bahwa manajemen program dapat menjadi tolak ukur dan pengontrol tentang tujuan pelaksanaan program sehingga life skills dapat tercapai optimal dan mengalami peningkatan dalam setiap pelaksanaanya, sehingga kecakapan sosial, Serta kecakapan spesifik mulai dari akademik dan vokasional dilakukan pada suatu program dengan baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sehingga Life Skills dapat tercapai dengan maksimal dan peserta didik mampu mendapatkan pendidikan secara maksimal untuk membekali peserta didik di kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: manajemen program, life skills, peserta didik.
Article aims to describe the management of school programs to improve Life Skills for students in elementary school. The research method uses the method of literature or journal analysis. The design of the study uses literature studies. The stages of literary studies include: Identify the topic of the problem, find a relevant study, classify and make a conclusions to answer the topic of the problem. This analysis used content analysis. The results of the literature study show that program management can be a benchmark and a controller about the purpose of implementing the program so that life skills can be achieved optimally and increase in each implementation, so that social skills, as well as specific skills ranging from academic and vocational conducted to a program well ranging from planning, organizing, implementation and supervision. So Life Skills can be achieved with maximum and students are able to get the maximum education to equip the students in daily life.
Keywords: program management, life skills, learners.