ABSTRAK
Syuhadi, Mohammad Ryan. 2020. Kemampuan Decoding Siswa dengan Hambatan Penglihatan melalui Pembelajaran Phonics secara Sistematik dan Eksplisit. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Susanto, M.Pd., dan (II) Drs. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Kata kunci: Dekoding, Siswa dengan Hambatan Penglihatan, Instruksi Phonics yang Sistematis dan Eksplisit
Studi ini membahas penggunaan instruksi fonetik yang sistematis dan eksplisit untuk membantu siswa tunanetra memperoleh kemampuan pengodean kata bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati sejauh mana instruksi tersebut membantu siswa tunanetra di tahap alfabet pemula dan dewasa mempelajari cara menguraikan kata bahasa Inggris dalam kemampuan decoding.
Penelitian qualitative ini menggunakan observasi non-partisipan menggunakan catatan lapangan yang tidak ter-struktur dan wawancara tidak ter-struktur untuk mendapatkan data verbal dari 1 guru dan 7 siswa dalam empat pertemuan observasi kelas. Semua siswa tunanetra yang dibagi menjadi dua kelompok besar. 4 siswa termasuk tahap alfabet matang dan 3 siswa lainnya termasuk tahap alfabet pemula. Ruang kelas yang diamati adalah ruang kelas ekstrakurikuler Bahasa Inggris di sekolah yang dikhususkan untuk siswa tunanetra. Meskipun mereka dibagi menjadi dua kelompok, mereka belajar bersama di kelas yang sama sekaligus.
Hasil yang diperoleh dari observasi dan wawancara adalah (1) Secara keseluruhan tahap pengajaran yang dipromosikan guru terkait erat dengan teori pembelajaran decoding yang dipromosikan oleh teori-teori dalam penelitian ini, (2) Siswa dalam tahap alfabet pemula, meskipun mereka memiliki tidak menghafal semua nama alfabet, mereka masih dapat memperoleh pengetahuan tentang kata decoding bahasa Inggris, (3) Siswa dalam tahap alfabet dewasa, karena mereka telah menghafal semua nama alfabet, memiliki pemahaman yang lebih mudah dan mampu mengatasi instruksi yang lebih baik dan lebih cepat, (4) instruksi semacam ini bisa mendapatkan kepercayaan diri siswa dalam membaca kata bahasa Inggris meskipun mereka tidak menghafal nama alfabet, (5) Setelah siswa dapat menghubungkan antara bentuk kata-kata dan bagaimana bunyinya, mereka mulai membangun otomatisitas dalam membangun pemahaman mereka tentang kata-kata dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan bahan dan instruksi yang sesuai, siswa dengan hambatan penglihatan pada tahap pengetahuan alfabet pemula dan lanjutan dapat memperoleh pengetahuan tentang bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris.
Syuhadi, Mohammad Ryan. 2020. Decoding Ability of Students with Visual Impairment under Systematic and Explicit Phonics Instruction. Thesis, Language and Literature Education Study Program, Postgraduate Program Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Susanto, M.Pd., and (II) Drs. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Keywords: Decoding, Students with Visual Impairment, Systematic and Explicit Phonics Instruction
This study discusses the use of systematic and explicit phonics instruction to help students with visual impairment acquire English word decoding ability. The purpose of this study is to observe to what extent does the instruction help students with visual impairment in novice and mature alphabetic stage learn English word decoding within the stage of decoding ability.
This qualitative study uses non-participant observation using unstructured fieldnotes and loosely-structured interview to obtain verbal data from 1 teacher and 7 students in four meetings of classroom observation. All of the students are visually impaired whom divided into two big groups. 4 of the students belong to mature alphabetic stage and the other 3 students belong to novice alphabetic stage. The classroom being observed is an English extracurricular classroom in a school specialized for students with visual impairment. Although they are divided into two groups, they study together in a same classroom at once.
The results derived from the observation and interview are (1) Overall the stage of instruction that the teacher promoted are closely related to the theory of learning decoding promoted by the theories in this study, (2) Students in novice alphabetic stage, although they have not memorized all of the alphabet’s name, they still are able to gain knowledge of English word decoding, (3) Students in mature alphabetic stage, for they have memorized all of the alphabet’s name, have an easier understanding and are able to cope with the instruction better and faster, (4) this kind of instruction could gain students confidence in reading English word even though they do not memorize the alphabet’s name, (5) Once the students are able to relate between the words’ shape and how it sounds, they start to build automaticity in building their understanding of English words decoding.
This study concluded that with appropriate materials and instruction, students with visual impairment in novice and alphabetic stage could acquire the knowledge of how to sound English words.