Tujuan
dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk media m-learning berbasis android pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D
materi pokok pengenalan adobe flash yang layak digunakan dalam pembelajaran
siswa kelas XI jurusan multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya, (2) Mengetahui
keefektifan media m-learning berbasis
android pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D materi pokok pengenalan adobe
flash untuk siswa kelas XI jurusan multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya.
Model pengembangan yang
digunakan adalah model DDD-E (Decide,
Design, Develop and Evaluate ) karena model pengembangan ini memiliki
langkah-langkah yang lebih sederhana, namun terperinci disetiap tahapannya,
serta dikhususkan untuk mengembangkan multimedia (m-learning) . Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
angket, wawancara terstruktur dan tes untuk mengetahui kelayakan media. Untuk
mengetahui tingkat efektifitas menggunakan teknik kelas kontrol dan eksperimen.
Data kelayakan
produk yang dihasilkan, ditentukan melalui analisis hasil validasi ahli desain
pembelajaran yaitu 100% yang
termasuk dalam kategori sangat baik , ahli materi 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli
media yaitu 100% dimana juga termasuk dalam kategori sangat baik, ahli bahan
penyerta yaitu 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba yang
dilakukan baik uji coba perorangan menilai 86,41% termasuk dalam kategori
sangat baik, uji coba kelompok kecil menilai 88,88%, sedangkan uji kelompok
besar 93,2% juga termasuk dalam kategori sangat baik. Dari semua penilaian dan
kategori yang sudah dinilai maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan m-learning berbasis android pada mata
pelajaran animasi 2D dan 3D materi pokok pengenalan adobe flash untuk siswa
kelas XI jurusan multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya.
Sedangkan hasil analisis data
yang diperoleh dari t test dengan taraf signifikasi 5%, db = N – 1 = 60 - 1 =
59 sehingga diperoleh ttabel = 1,67. Jadi thitung lebih
besar dari ttabel yaitu dengan hasil 5,52 > 1,67. Karena thitung
lebih besar daripada ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil pretest dan posttest , dapat disimpulkan bahwa media m-learning berbasis android pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D
materi pokok pengenalan adobe flash untuk siswa kelas XI jurusan multimedia di
SMK Negeri 12 Surabaya.
Kata Kunci
: Pengembangan, M-Learning , Animasi
2D dan 3D, Pengenalan Adobe Flash.