KOHESI DAN KOHERENSI DALAM TEKS CERITA SEJARAH KARYA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 20 SURABAYA
COHESION AND COHERENCE IN THE TEXT OF HISTORICAL STORIES BY CLASS XII STUDENTS
SMA NEGERI 20 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan bentuk kohesi dan koherensi serta mengetahui frekuensi penggunaan kohesi dan koherensi dalam teks cerita sejarah karya siswa kelas XII SMA Negeri 20 Surabaya. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks cerita sejarah karya siswa kelas XII SMA Negeri 20 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang dilanjutkan dengan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode agih. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, bentuk kohesi yang ditemukan yaitu referensi, substitusi, elipsis dan konjungsi. Bentuk kohesi leksikal yang ditemukan yaitu repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, ekuivalensi, dan kolokasi. Bentuk koherensi yang ditemukan yaitu semua hubungan makna kecuali hubungan syarat-hasil dan aditif non temporal. Adapun kohesi gramatikal yang sering ditemukan yaitu konjungsi dan yang paling sedikit muncul yaitu elipsis. Kohesi leksikal yang paling banyak ditemukan merupakan repetisi dan yang paling sedikit muncul yaitu kolokasi. Untuk koherensi yang paling banyak ditemukan yaitu hubungan aditif temporal sedangkan yang tidak ditemukan dalam teks yaitu hubungan syarat-hasil dan hubungan aditif non temporal. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan penggunaan kohesi dan koherensi dalam teks cerita sejarah karya siswa sudah memiliki kebervariasian namun belum merata.
This study aims to describe the forms and to find out the frequency of using cohesion and coherence in historical story texts by class XII students of SMA Negeri 20 Surabaya. This type of qualitative descriptive research. The data source was historical story text by students. Data collection was carried out using documentation techniques followed by note-taking techniques. The data analysis technique uses the distribution method. Based on the analysis, the forms of cohesion found were references, substitutions, ellipses, and conjunctions. The forms of lexical cohesion found are repetition, synonymy, antonyms, hyponymy, equivalence, and collocation. The forms of coherence found are all meaning relations, except for conditional and non-temporal additive relations. The grammatical cohesion that is often found is conjunctions and the one that occurs the least is ellipsis. The most frequently found lexical cohesion is repetition and the least frequent is collocation. For coherence, the most commonly found are temporal additive relationships, whereas those not found in the text are conditional-result relationships and non-temporal additive relationships. Based on the results of the analysis, it can be said that the use of cohesion and coherence in historical story texts by students already has variations, but is not evenly distributed.