PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA
REFLECTIVE THINKING PROFILE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING PISA QUESTIONS BASED ON MATHEMATICAL ANXIETY
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan tingkat kecemasan matematika siswa. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bancar, Tuban yang meliputi tiga siswa dengan kemampuan berpikir reflektif yang masing-masing mempunyai tingkat kecemasan matematika rendah, kecemasan matematika sedang, dan kecemasan matematika tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dimulai dengan memberikan tes kecemasan matematika kepada siswa untuk mendapatkan satu siswa yang memiliki tingkat kecemasan matematika rendah, satu siswa dengan kecemasan matematika sedang, dan satu siswa dengan kecemasan matematika tinggi, kemudian memberikan tes soal PISA matematika dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menggunakan indikator berpikir reflektif serta melalui empat langkah menyelesaikan masalah Polya, dimana siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah melakukan semua indikator berpikir reflektif serta empat langkah menyelesaikan masalah Polya yaitu reacting, comparing, dan contemplating pada tahap memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali dalam menyelesaikan soal PISA matematika. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika sedang melakukan comparing dan contemplating pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali dalam menyelesaikan soal PISA. Sedangkan, siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi melakukan comparing dan contemplating pada tahap menyusun rencana dan melaksanakan rencana dalam menyelesaikan soal PISA. Hasil penelitian ini dapat membantu guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika yang sesuai dengan tingkat kecemasan matematika siswa. Pengetahuan mengenai berpikir reflektif siswa dapat digunakan oleh guru untuk menyusun kegiatan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa.
Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Soal PISA Matematika, Kecemasan Matematika.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the reflective thinking ability of junior high school students in solving PISA questions based on students' mathematical anxiety levels. The research subjects were students of class IX SMP Negeri 2 Bancar, Tuban which included three students with reflective thinking skills, each of which had low math anxiety, moderate math anxiety, and high math anxiety. This research is descriptive research with qualitative approach. Data collection was started by giving mathematics anxiety test to students to get one student who had low level of math anxiety, one student with moderate math anxiety, and one student with high math anxiety, then gave math PISA test questions and conducted interviews. The results of the study used reflective thinking indicators and went through four steps to solve Polya's problems, where students with low math anxiety levels did all the indicators of reflective thinking and four steps to solve Polya's problems, namely reacting, comparing, and contemplating at the stage of understanding the problem, making plans, implementing plans, and check back in solving math PISA problems. Students with moderate level of math anxiety doing comparing and contemplating at the stage of making plans, implementing plans, and checking again in solving PISA questions. Meanwhile, students with high levels of math anxiety did comparing and contemplating at the stage of planning and implementing plans in solving PISA questions. The results of this study can help teachers to develop mathematics learning activities that are in accordance with students' mathematics anxiety levels. Knowledge of students' reflective thinking can be used by teachers to arrange learning activities that can improve students' reflective thinking skills.
Keywords: Reflective Thinking, Math PISA Questions, Math Anxiety.