Analisis Penerimaan Pengguna Go-Pay Sebagai Media Pembayaran Pada Marketplace Menggunakan Metode TAM
Analysis of Go-Pay User Acceptance as a Payment Medium in the Marketplace Using the TAM Method
Teknologi keuangan khususnya pada sistem pembayaran saat ini sudah berkembang sangat pesat dengan bantuan dari beberapa aspek yaitu berkembangnya teknologi, dimana semakin besarnya kapasitas dan nilai transaksi serta peningkatan risiko. Dengan berkembangnya teknologi mobile payment, saat ini banyak muncul e-wallet atau dompet digital yang digunakan untuk menyimpan e-money. Go-Pay, OVO, DANA dan LinkAja adalah beberapa contoh e-wallet yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Dalam penggunaan Go-Pay di beberapa marketplace tentu akan menimbulkan suatu masalah baru apakah metode pembayaran Go-Pay di marketplace lain mendapat kepercayaan yang memuaskan dari pengguna. Maka perlu dilakukanlah penelitian ini untuk mengukur tingkat penerimaan masyarakat terhadap metode pembayaran Go-Pay di marketplace dan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh secara signifikan antar variabel. Penelitian ini mengenai analisis penerimaan pengguna Go-Pay sebagai media pembayaran pada marketplace menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model). Penelitian ini menganalisis sistem berdasarkan Persepsi Kemudahan Kebermanfaatan (Perceived Usefulness), Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use), Sikap Terhadap Penggunaan (Attitude Towars Using), Intensitas Perilaku (Behavioral Intention), Penggunaan Sesungguhnya (Actual Use). Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Dengan perhitungan Rumus Slovin didapatkan jumlah responden sebanyak 400. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner pada pengguna yang menggunakan sistem pembayaran Go-Pay pada marketplace ditujukan kepada masyarakat umum dengan berbagai kriteria. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dari 5 hipotesis dari model TAM didapatkan hasil hipotesis yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah Behavioral Intention terhadap Actual Use, sedangkan hipotesis yang lain juga memiliki pengaruh yang signifikan seperti Perceived Ease of Use to Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use to Attitude Toward Using, Perceived Usefullness to Attitude Toward Using, Attitude Toward Using to Behavioral Intention.
Financial technology, especially in the current payment system, has developed very rapidly with the help of several aspects, namely the development of technology, which increases the capacity and value of transactions and increases risk. With the development of mobile payment technology, currently appears a lot of e-wallets or digital wallets are used to store e-money. Go-Pay, OVO, DANA, and LinkAja are some examples of e-wallets the most users in Indonesia. Using Go-Pay in several marketplaces of course will raise a new problem of whether the Go-Pay payment method in the other marketplace gets satisfactory trust from users. So it is necessary to do this research to measure the level of public acceptance of the Go-Pay payment method in the Indonesia Marketplace and what factors have a significant influence between variables. This research concerns the analysis of Go-Pay user acceptance as a payment medium in the marketplace using the TAM method (Technology Acceptance Model). This study analyzes the system based on Perceived Ease of Use (Perceived Usefulness), Perception of Ease of Use (Perceived Ease of Use), Attitudes Toward Use (Attitude Towards Using), Behavioral Intensity (Behavioral Intention), Actual Use (Actual Use). This study uses a questionnaire as a research instrument. By calculating the Slovin formula, the number of respondents is 400. The data collection technique used in this study is by distributing questionnaires to users who use the Go-Pay payment system in the marketplace addressed to the general public with various criteria. The data analysis technique used in this study is Structural Equation Model (SEM). Based on the results of the study, it was shown that from the 5 hypotheses of the TAM model, the results of the hypothesis that had the most significant influence were obtained Behavioral Intention to Actual Use, while other hypotheses also have a significant effect such as Perceived Ease of Use to Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use to Attitude Toward Using, Perceived Usefulness to Attitude Toward Using, Attitude Toward Using to Behavioral Intention.