EFEKTIVITAS HANDOUT PADA PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA: REVIEW
THE EFFECTIVENESS OF HANDOUTS ON CHEMISTRY LEARNING IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT: REVIEW
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas handout sebagai alternatif pembelajaran kimia dalam meningkatkan prestasi siswa. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah meta analisis dari beberapa literatur yang relevan dengan topik dan tujuan penelitian. Handout diidentifikasi memiliki tingkat kepraktisan yang optimal, serta dinilai efektif untuk diaplikasikan kepada siswa karena dapat mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam metode ini lebih kepada penguatan materi dengan memberikan pemahaman mengenai materi yang kurang tepat yang disampaikan kelompok. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil yang didapatkan dan dilakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian siklus I. Tahap selanjutnya pada siklus II asisten kelompok diharapakan memberikan pemahaman kepada siswa lain, sehingga terjadi interaksi antar siswa yang diidentifikasi berkontribusi pada hasil penilaian siklus II. Hasilnya terdapat peningkatan ketercapaian siswa dalam aspek kognitif maupun afektif dimana aspek viii kognitif yang sebelumnya berada pada tingkat ketercapaian 42,11% meningkat menjadi 63,16% melebihi target 60%. Sementara pada aspek afektif meningkat dari 70,24% menjadi 74,47%. Perpaduan metode diskusi dan penggunaan handout serta video sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa dengan lebih efektif.
This study aims to analyze the effectiveness of handouts as an alternative to learning chemistry in improving student achievement. The method used in this article is a meta-analysis of several pieces of literature relevant to the topic and research objectives. The handout was identified as having an optimal level of practicality, and was considered adequate for students because it made it easier for students in the learning process. The teacher's role in this method is more to strengthen the material by providing an understanding of the inappropriate material delivered by the group. The teacher and the students concluded the results obtained, and an assessment was carried out to determine the level of achievement of the cycle I. In the next stage in cycle II, the group assistants were expected to understand other students so that interactions between students were identified as contributing to the second cycle assessment results. The result is an increase in student achievement in both cognitive and affective aspects. The cognitive aspects previously at the level of achievement of 42.11% increased to 63.16% exceeding 60%. Meanwhile, the affective aspect increased from 70.24% to 74.47%. The combination of discussion methods and handouts, and also videos as learning media can improve student learning outcomes or student achievement more effectively.