PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA PURWOREJO
EFFECT OF EMPLOYEE COMPETENCY AND WORK FACILITIES ON THE QUALITY OF PUBLIC SERVICES IN THE PURWOREJO VILLAGE OFFICE
Reformasi birokrasi Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2010, seiring berjalannya waktu terus mengalami evaluasi untuk mengatasi beberapa masalah, salah satunya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Berdasarkan observasi yang dilakukan di lapangan masih adanya masyarakat yang termarginalisasikan (pengabaian atas hak-hak yang seharusnya didapat oleh masyarakat) baik dari pelayanan administrasi, hingga pelayanan yang lainnya. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh kualifikasi rendah yang dimiliki oleh karyawan dan kurangnya sarana dan prasarana kantor yang memadai. Sehingga dalam penelitian ini bisa dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompetensi pegawai dan fasilitas kerja secara simultan maupun parsial terhadap kualitas pelayanan publik . Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, hal ini ditunjukkan oleh penggunaan teknik pengambilan sampel purposive sampling pada jumlah sampel sebanyak 31 responden. Dimana teknik ini mengambil metode kuesioner dengan menggunakan jenis pertanyaan tertutup. Analisis yang dihasilkan dari data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dengan memiliki hasil pada uji hipotesis bahwa kompetensi pegawai pada kualitas layanan publik ditunjukkan dengan T hitung lebih besar dari nilai T tabel (7.058 > 2.048), sedangkan variabel fasilitas kerja terhadap kualitas pelayanan publik menunjukkan hasil T hitung lebih kecil dari nilai T tabel (0.139 < 2.048), serta uji F memperoleh hasil T hitung mendominasi nilai T tabel sebesar (43.922 > 3.34). Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan pada kompetensi pegawai menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik dan fasilitas kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik serta secara simultan pada kompetensi pegawai dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, disarankan kantor desa mengadakan peningkatan bimbingan teknis, pelatihan manajerial kepada pegawai desa serta meningkatkan fasilitas kerja yang memadai dengan pengadaan teknologi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.
Kata Kunci : kompetensi pegawai, fasilitas kerja, kualitas pelayanan publik
Indonesia's bureaucratic reform, which was established in 2010, continues to undergo evaluation over time to address several problems, one of which is improving the quality of public services. Based on observations made in the field, there are still people who are marginalized (neglect of the rights that should be obtained by the community) both from administrative services, to other services. This is due to the low qualifications possessed by employees and the lack of adequate office facilities and infrastructure. So that this research can be carried out with the aim of knowing the effect of the variable of employee competence and work facilities simultaneously or partially on the quality of public services. The research method used is quantitative, this is indicated by the use of purposive sampling technique on a total sample of 31 respondents. Where this technique takes the questionnaire method using closed questions. The resulting analysis of the data used is multiple linear regression. By having the results on the hypothesis test that the competence of employees on the quality of public services is indicated by T count is greater than the value of T table (7.058 > 2.048), while the work facilities variable on the quality of public services shows that T count is smaller than the value of T table (0.139 < 2.048), and the F test result T count is greater than the T table value of (43.922 > 3.34). From these results, it can be concluded that employee competence shows that there is a partial influence on the quality of public services and work facilities partially have no effect on the quality of public services and simultaneously on employee competence and work facilities affect the quality of public services. Based on the conclusions of the research, it is recommended that the village office provide increased technical guidance, managerial training to village employees and improve adequate work facilities by providing technology to improve the quality of public services to the community. employee competence, work facilities, quality of public services
Keywords : employee competence, work facilities, quality of public services