Kompetensi Strategis Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematis
ABSTRAKSari, L. 2021. Kompetensi Strategis Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematis.Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana UniversitasNegeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono,M.Pd dan (II) Prof. Dr. Manuharawati, M.SiKata Kunci: Kompetensi strategis, Pengajuan masalah matematis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi strategissiswa dalam pengajuan masalah matematis. Penelitian ini termasuk penelitiandeskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu dua siswakelas VII SMP Kreatif An-Nur Surabaya. Subjek penelitian dipilih berdasarkanhasil Tes Kemampuan Matematika (TKM). Selanjutnya, subjek penelitian yangterpilih diberikan Tes Pengajuan Masalah (TPM) dan wawancara. Untuk mengujikeabsahan data dilakukan triangulasi waktu.Data Hasil TKM dianalisis berdasarkan pedoman penskoran yang dibuatpeneliti. Data hasil TPM dianalisis berdasarkan indikator kompetensi strategis.Data hasil wawancara dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajiandata dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek merumuskan masalah,siswa memahami masalah dengan membaca masalah dan/atau menggambarinformasi pada masalah. Siswa mampu menentukan informasi yang diketahui danyang ditanyakan pada masalah dengan informasi yang lengkap. Siswa jugamampu mengkaitkan informasi soal dengan pengetahuannya yang relevan denganinformasi pada soal. Siswa mampu membuat rencana pemecahan masalah secaragaris besar.Pada aspek merepresentasikan masalah, siswa menenuliskan informasipada masalah dalam bentuk simbol – simbol atau kata - kata dan perbandinganmatematika. Siswa menuliskan pemecahan dan solusi dari masalah menggunakanperbandingan matematika dan persamaan matematika dan kata-kata. Siswa tidakmenuliskan rencana penyelesaian masalah yang dibuat namun mereka mampumenjelaskan rencananya secara verbal.Pada aspek memecahkan masalah, siswa mampu menerapkan rencanapenyelesaian yang sudah dibuat. Siswa mampu menjelaskan setiap langkah yangdigunakan dalam memecahkan masalah dengan benar. Siswa memecahkanmasalah dengan menggunakan KPK atau rumus perbandingan, rumus kelilingatau luas persegipanjang, dan rumus volume balok; dan memperoleh jawabanyang benar pada masalah.Dalam mengajukan masalah, Siswa mampu mengajukan masalah denganmengubah narasi dari masalah, mengubah kuantitas dari informasi yang diketahuipada masalah dan mengubah informasi yang ditanyakan. Pengajuan masalahsiswa tergolong sedang. Siswa mampu memecahkan masalah yang sudah dibuatdengan langkah – langkah yang sama pada saat memecahkan masalah.
ABSTRACTSari, L. 2021. Student's Strategic Competencies in Mathematical Problem Posing.Thesis. Mathematics Education Program, Postgraduate Program, StateUniversity of Surabaya. Adviser: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono,M.Pd and (II) Prof. Dr. Manuharawati, M.SiKata Kunci: Strategic competencies, open-ended task, quadrilateral, cognitivestyle.This research aims to describe student' strategic competencies in posingmathematical problem. This research is a descriptive reasearch with a qualitativeapproach. The subjects of this research were 2 of 7th grade students of SMPKreatif An-Nur Surabaya. The research subjects were selected based on the resultsof the Mathematical Ability Task (TKM). Furthermore, the selected researchsubjects were given Problem Posing Task (TPM) and interviews. To test thevalidity of the data, triangulation of time is carried out.The results of the TKM data were analyzed based on the scoringguidelines made by the researcher. TPM results data were analyzed based onindicators of strategic competence. Interview data were analyzed through threestages, namely data reduction, data presentation and verification.The results showed that in the aspect of formulating problem, studentsunderstood the problem by reading the problem and/or drawing information on theproblem. Students are able to determine the information that is known and whichis asked in the problem with complete information. Students are also able to relatethe information about the problem with their knowledge that is relevant to theinformation in the problem. Students are able to make an outline problem solvingplan.In the aspect of representing the problem, students write down informationon the problem in the form of symbols or words and mathematical comparisons.Students write down solutions and solutions to problems using mathematicalcomparisons and mathematical equations and words. The student does not writedown the problem-solving plan that is made but they are able to explain their planverbally.In the aspect of solving problems, students are able to apply the settlementplans that have been made. Students are able to explain each step used in solvingthe problem correctly. Students solve problems by using the Lowes CommonMultiple (LCM) or comparison formula, the formula for the perimeter or area of arectangle, and the formula for the volume of a block; and get the correct answer tothe problem.In posing a problem, students are able to pose a problem by changing thenarrative of the problem, changing the quantity of information that is known onthe problem and changing the information asked. Submission of student problemsis classified as moderate. Students are able to solve problems that have been madewith the same steps when solving problems.