Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problem solving skills peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan teknik probing prompting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pre-test post-test design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen, X MIA 3 sebagai kelas replikasi 1, dan kelas X MIA 4 sebagai kelas replikasi 2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur problem solving skills peserta didik adalah soal pemecahan masalah dengan pendekatan masalah yang kontekstual. Data yang diperoleh adalah hasil pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji n-gain, uji t perpasangan, Anova, serta analisis angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik probing prompting terlaksana dengan sangat baik dengan nilai rata-rata 3,64 ; (2) problem solving skills Fisika peserta didik mengalami peningkatan secara konsisten pada ketiga kelas pada taraf signifikansi (α=5%) pada kategori tinggi dengan nilai n-gain setiap kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 0,72, replikasi 1 sebesar 0,68 dan kelas replikasi 2 sebesar 0,74; (3) Peserta didik memberikan respon yang baik pada pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah menggunakan teknik probing prompting untuk meningkatkan kemampuan problem solving skills.
The aim of this study is to describe students' problem solving skills after the implementation of problem-based learning model by using probing prompting technique. This research is a pre-experimental research, with one group pre-test post-test design. The subjects of this study were the students’ of X MIA 2 as the experimental class, X MIA 3 as the 1st replication class, and class X MIA 4 as the 2nd replication class. The instrument which is used to measure students' problem solving skills was consisted of problems solving questions with problem contextual approach. The data wwere obtained throught the pre-test and post-test score which were analyzed by using n-gain test, pairing t test, ANOVA, and analysis of student questionnaire responses. The results showed that: (1) Physics, which is taught by using a problem-based learning model using the probing prompting technique was done very well with a value of 3.64; (2) in three classes the students’ problem solving skills improved consistently. In experimental and 2nd replication class were high categorized with 0.72 and 0.74 for n-gain values. Whereas in the 1st replication class was moderate categorized with 0.68; (3) Students give a good response by using a problem-based learning model and probing prompting techniques to improved problem solving skills