Kajian Terhadap Kompetensi Taruna Sekolah Penerbang Kedinasan di Indonesia dengan Menggunakan Model CIPP
Study on the Competence of Official Aviation School cadets in Indonesia using the CIPP Model
ABSTRAK
Hariri, Ahmad. 2022. Kajian Terhadap Kompetensi Taruna Sekolah Penerbang Kedinasan di Indonesia dengan Menggunakan Model CIPP. Disertasi Program Studi S3 Pendidikan Vokasi, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supari Muslim, M.Pd., dan (II) Prof. Dr. Suparji, M.Pd.
Kata Kunci: Aviation School, Competency, Context, Input, Process, Product
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan besar pengaruh variabel context, variabel input, variabel process, terhadap variabel product pada kompetensi siswa taruna di Sekolah Penerbang Kedinasan di Indonesia.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan kategori ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh staff pendidik/dosen, staff non pendidik/instruktur dan siswa taruna Sekolah Penerbang Kedinasan di Indonesia, yaitu Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi/ API Banyuwangi dan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug/ PPI Curug. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling dengan ukuran sampel sejumlah 208 orang. Angket dengan skala likert digunakan sebagai teknik pengambilan data. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, dan analisis jalur menggunakan Structural Equation Modelling Analysis of Moment Structure (SEM-AMOS).
Hasil penelitian menunjukkan, (1) pengaruh langsung variabel context terhadap variabel process adalah positif sebesar 14,2% dan tidak signifikan, (2) pengaruh langsung variabel input terhadap variabel process adalah positif sebesar 78,1% dan signifikan, (3) pengaruh langsung variabel context terhadap variabel product adalah positif sebesar 7,9% dan tidak signifikan, (4) Pengaruh langsung variabel input terhadap variabel product adalah positif sebesar 13,8% dan tidak signifikan, (5) pengaruh langsung variabel process terhadap variabel product adalah positif sebesar 74,8% dan signifikan, (6) pengaruh tidak langsung variabel context terhadap variabel product melalui variabel process adalah positif sebesar 10,6% dan tidak signifikan, dan (7) pengaruh tidak langsung variabel input terhadap variabel product melalui variabel process adalah positif sebesar 58,4% dan signifikan.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung secara positif dan signifikan terdapat pada hubungan variabel input terhadap variabel process, dan variabel process terhadap variabel product. Sementara pengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terdapat pada hubungan variabel input terhadap variabel product melalui variabel process.
ABSTRACT
Hariri, Ahmad. 2022. A Study on the Competence of Official Aviation School cadets in Indonesia using the CIPP Model. Dissertation, Vocational Education, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Supervisor (I) Prof. Dr. Supari Muslim, M.Pd., and (II) Prof. Dr. Suparji, M.Pd.
Keywords: Aviation School, Competency, Context, Input, Process, Product
This study aims to find out the influence of context, input, process, on the product/competence of cadets at the Official Aviation School in Indonesia.
This research is quantitative with the ex post facto category. The population in this study were all teaching staff, non-teaching staff, and cadets at the Official Aviation School in Indonesia, which consisted of the Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi and Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. The sampling technique used is proportional sampling, with 208 people. Data collection techniques using a questionnaire with a likert scale. Data analysis was carried out by descriptive analysis, and path analysis using Structural Equation Modeling Analysis of Moment Structure (SEM-AMOS).
The results showed, (1) the direct effect of context on the process was positive at
14.2% and not significant, (2) the direct effect of input on the process was positive at 78.1% and significant, (3) the direct effect of context on the product was positive by 7.9% and not significant, (4) The direct effect of input on the product is positive by 13.8% and not significant, (5) the direct effect of process on the product is positive at 74.8% and significant, (6) the indirect effect of context on the product through the process is positive at 10.6% and not significant, and (7) the indirect effect of input on the product through the process is positive at 58.4% and significant.
The conclusion of the study shows that a positive and significant direct effect is found in the relationship between the input variable and the process variable, and the process variable to the product variable. Meanwhile, there is a positive and significant indirect effect on the relationship between the input variable and the product variable through the process variable.