MANAJEMEN PENYIARAN PROGRAM BERITA TELEVISI LOKAL “POJOK PERKORO” DI JTV BIRO MADIUN
BROADCASTING MANAGEMENT OF LOCAL TELEVISION’S NEWS PROGRAM “POJOK PERKORO” at JTV BIRO MADIUN
Penelitian tentang manajemen penyiaran merupakan penelitian yang menarik, karena di masa mendatang diperkirakan jumlah saluran TV akan bertambah, dimana salah satu program siarannya adalah berita. Dalam penelitian ini, peneliti memilih program berita Pojok Perkoro di JTV Biro Madiun sebagai objek penelitian. JTV Biro Madiun atau PT. Jati Magetan Televisi adalah televisi siaran lokal yang berada di Jl. Mayjen Panjaitan No. 12 B, Kota Madiun yang didirikan pada tanggal 18 Januari 2008. Peneliti memilih program siaran “Pojok Perkoro” pada JTV Biro Madiun, dikarenakan Program tersebut sudah menerapkan Undang-undang 32 pasal 38 ayat 1 tahun 2002 tentang menggunakan Bahasa daerah dalam program siaran agar dapat menarik antusias masyarakat lokal untuk memilih tayangan tersebut. Penggunaan Bahasa daerah yang digunakan dalam program siaran berita “Pojok Perkoro” yakni menggunakan bahasa daerah bagian ujung barat jawa timur atau biasa disebut Bahasa jawa mataraman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait proses manajemen penyiaran televisi lokal pada program berita “Pojok Perkoro” di JTV Biro Madiun. Peneliti memilih teknik deskriptif kualitatif sebagai teknik penyajian data dengan interview sebagai teknik pengumpulan data. Dalam pemilihan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purpose sampling. Hasil dari penelitian ini adalah Pojok Kampung memiliki strategi manajemen produksi program berupa 1) melakukan strategi produksi siaran yang menggunakan konsep POAC dalam melakukan kelola konten internalnya, 2) melakukan metode segmenting, targeting dan juga positioning untuk merebut pangsa pasar yaitu audiens dan pengiklan, 3) memasarkan program – program yang ada di Jtv dengan cara promosi baik off air maupun on air.
Kata Kunci: Jtv Biro Madiun, Pojok Perkoro, Manajemen penyiaran, POAC.
Research on broadcasting management is an interesting study, because in the future it is estimated that the number of TV channels will increase, where one of the broadcast programs will be news. In this study, the researcher chose the Pojok Perkoro news program on JTV Madiun Bureau as the research object. JTV Madiun Bureau or PT. Jati Magetan Television is a local broadcast television located on Jl. Major General Panjaitan No. 12 B Madiun City which was established on January 18, 2008. The researcher chose the broadcast program "Pojok Perkoro" on JTV Madiun Bureau, because the program has implemented Law 32 article 38 paragraph 1 of 2002 concerning the use of regional languages in broadcast programs so as to attract public enthusiasm local area to select the broadcast. The regional language used in the news broadcast program "Pojok Perkoro" is the language of the western tip of East Java or commonly called Mataraman Javanese. This study aims to determine the management process of local television broadcasting on the news program "Pojok Perkoro" at JTV Biro Madiun. The researcher chose a qualitative descriptive technique as a data presentation technique with interviews as a data collection technique. In selecting research subjects, researchers used a purposive sampling technique. The results of this study are that Pojok Kampung has a program production management strategy in the form of 1) carrying out a broadcast production strategy that uses the POAC concept in managing its internal content, 2) implementing segmenting, targeting and also positioning methods to capture market share, namely audiences and advertisers, 3) marketing programs on JTV by promoting both off air and on air.
Key words: Jtv Biro Madiun, Pojok Perkoro, Broadcasting management, POAC.