BERPIKIR VISUAL SISWA SMA BERGAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DALAM MEMECAHKAN MASALAH DIMENSI TIGA
VISUAL THINKING OF HIGH SCHOOL STUDENTS USING FIELD INDEPENDENT AND FIELD DEPENDENT COGNITIVE STYLES IN SOLVING THREE DIMENSIONAL PROBLEMS
ABSTRAK
Susanto, Fran. 2024. Berpikir Visual Siswa SMABergaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent Dalam Memecahkan Masalah Dimensi Tiga. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:(I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd dan (II) Dr. Ismail, M.Pd
Kata-kata Kunci : berpikir visual, pemecahan masalah, dimensi tiga, gaya kognitif
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir visual siswa SMA dalam memecahkan masalah dimensi tiga berdasarkan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD), yang meliputi proses looking, seeing, imagining, dan showing. Adapun tahapan pemecahan masalah yang menjadi rujukan penelitian ini adalah tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yang meliputi tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan melihat kembali.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan berpikir visual siswa SMA dalam memecahkan masalah dimensi tiga berdasarkan gaya kognitif. Teknik purposive sampling digunakan dalam memilih siswa SMA Kelas XII SMAN Kota Mojokerto sebagai subjek penelitian. Sebanyak 35 siswa SMA Kelas XII MIPA diberikan angket GEFT yang ditunjukkan untuk melihat gaya kognitif, test kemampuan matematika untuk menentukan subjek dengan kemampuan tinggi dan tugas pemecahan masalah untuk mendeskripsikan berpikir visual subjek. Subjek penelitian yang dipilih adalah seorang siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan seorang siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) berjenis kelamin perempuan. Tugas pemecahan masalah (TPM) dimensi tiga selanjutnya diberikan kepada kedua subjek penelitian pada hari yang sama dan diwawancarai pada hari yang sama, dengan tujuan untuk melihat proses berpikir visual siswa dalam memecahkan masalah dimensi tiga. Selanjutnya, tugas pemecahan masalah dan wawancara kedua diberikan dalam selang waktu satu minggu untuk melihat keabsahan data. Data kemudian dianalisis berdasarkan indicator penelitan berpikir visual dalam pemecahan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada: tahap memahami, siswa FI & FD melihat (looking) yang diketahui dan tidak diketahui, mengenali (seeing) kondisi/syarat yang mengaitkan antara yang diketahui dan yang ditanyakan; pada merencanakan penyelesaian, siswa FI & FD mengenali (seeing) prosedur/prinsip yang dapat digunakan sebagai strategi pemecahan masalah dan membayangkan (imagining) masalah dimensi tiga menjadi ilustrasi tiga dimensi sehingga lebih mudah diinterpretasikan; pada tahap melaksanakan rencana, kedua subjek menunjukkan (showing) langkah-langkah pelaksanaan rencana pemecahan masalah dengan tepat namun cara yang berbeda, siswa FI menggunakan langkah yang lebih ringkas dan sebaliknya untuk siswa FD; pada tahap memeriksa kembali, kedua subjek menunjukkan (showing) kesimpulan dari solusi penyelesaian, namun tidak menunjukkan (showing) proses memeriksa kembali.
ABSTRACT
Susanto, Fran. 2024. High School Students’ Visual Thinking in Solving Third Dimensional Problems Based On Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) Cognitive Styles. Thesis, Mathematics Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor : (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd dan (II) Dr. Ismail, M.Pd
Keywords : visual thinking, problem solving, third dimensional, cognitive style
The aim of the study is to desrcribes visual thinking of high school students in solving third dimensional problems based on the Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) cognitive styles, which include looking, seeing, imagining, and showing. The problem solving stages that are the reference for this research is Polya’s problem solving stages, which include understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back.
This study was descrptive study with a qualitative approach to determine the visual thinking process of high school students in solving third dimensional problems based on cognitive styles. Purposive sampling technique was used to select the XII Grade of SMAN Kota Mojokerto as the subject. Total of 35 sudents of the XII Grade given GEFT Test ti determine the cognitive and mathematics abylity test was used to explore students mathematical ability. Subject reseach choosen was a student with Field Independent (FI) cognitive style and a student with Field Dependent (FD) cognitive style, with the same gender.The third dimensional problem solving task was then given to both subjeck on the same day and interviewed on the same day. Next, a second problem task was given within one week to see the validity of the data. The data was analyzed based on the visual thinking process in problem solving which consists of three steps, namely data condensation, presentation, and data interpretation.
The result of the study show that, on : understanding the problem, FI & FD students were looking the known and the unknown, seeing the condition/requirements that are descended beetwen the known and the unknown; on devising a plan, both subjects were seeing the procedures/principles that can be used as the strategies and imagining the ilustration of the problem; on carrying out the plan, both students showing the steps of implementation of the plan correctly but in different ways; and on looking back, both student showing the conclusion of the solution, but did not show the re-examination process.