PENGEMBANGAN MEDIA TAKAR ANGKER PADA MATERI KESETARAAN UANG KELAS II SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF TAKAR ANGKER MEDIA ON GRADE II ELEMENTARY SCHOOL MONEY EQUALITY MATERIAL
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika dalam materi kesetaraan uang di kelas II sekolah dasar, dan untuk mengetahui kelayakan dari media TAKAR ANGKER, berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan kefektifan media. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II sekolah dasar UPT SD Negeri 87 Gresik. Hasil kevalidan media yaitu 96% dan kevalidan materi sebesar 80% dengan kriteria valid. Hasil kepraktisan media diambil dari angket guru dan peserta didik, sebesar 100% dan 97,5%. Sedangkan hasil keefektifan berupa hasil ketuntasan belajar peserta didik pada pretest dan posttest sebesar 65% dan 95%, sehingga terjadi peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan media. Limitasi dari penelitian ini adalah hanya dapat digunakan untuk maksimal uang pecahan sebesar Rp. 10.000,00.
Kata Kunci: Media, Takar Angker, Kesetaraan Uang.
This study aims to produce mathematics learning media in money equality material in grade II elementary schools, and to determine the feasibility of TAKAR ANGKER media, based on aspects of validity, practicality and effectiveness of media. This research uses the ADDIE development model, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The subjects of this study were grade II elementary school students of UPT SD Negeri 87 Gresik. The results of media validity are 96% and material validity is 80% with valid criteria. The results of media practicality were taken from teacher and student questionnaires, amounting to 100% and 97.5%. While the effectiveness results in the form of student learning completeness results on the pretest and posttest by 65% and 95%, so that there is an increase before and after using the media. The limitation of this study is that it can only be used for a maximum of Rp. 10,000.00.
Keywords: Media, Takar Angker, Equality Of Money.