IMPLEMENTASI PERMAINAN THE ADVENTURE OF ELEMENT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19
IMPLEMENTATION OF THE ADVENTURE OF ELEMENT GAME AS ONLINE LEARNING MEDIA DURING COVID-19 PANDEMY
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan The Adventure of Element sebagai media pembelajaran online selama pandemi covid19. Sasaran penelitian ini adalah satu kelas XII sebanyak 27 peserta didik di SMA Negeri 2 Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen onegroup-pretest-posttest. Selama pandemi covid-19, data diperoleh melalui pembelajaran online. Tes dan kuesioner diberikan melalui google forms. Permainan The Adventure of Element dapat diunduh melalui google drive. Para peserta didik akan diberikan pretest sebelum menggunakan permainan dan posttest setelah menggunakan permainan sebagai media pembelajaran. Para peserta didik juga akan diberikan kuesioner respon untuk mengetahui respon peserta didik tentang pembelajaran online menggunakan permainan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan The Adventure of Element mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,8%. Nilai yang diperoleh peserta didik pada hasil pretest 40,74 dan hasil postest 87,40 menunjukkan skor n-Gain 0,8 pada skor tinggi. Respon peserta didik diperoleh 86,49%. Berdasarkan hasil ini, disimpulkan penggunaan The Adventure of Element pada pembelajaran selama wabah korona pada pembelajaran unsur kimia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
The aim’s of this research was to determine the effect of game The Adventure of Element as learning media on online learning during the corona pandemy. Target of this research is one Class XII as many as 27 students in Senior High School 2 Ngawi. This research used experimental methods, one-group-pretest-posttest. During the covid-19 pandemic, data were obtained through online learning. Tests and questionnaires are given via google form. The adventure of Element Game can be downloaded via google drive. The students will be given pretest before using game learning media dan posttest after using game learning medium The students also will be given response questionnaire to find out the response of students about online learning using game. The result of this research showed that student learning outcomes after using game learning medium The Adventure of Element experienced an increase with classical completeness reached 88.8%. The value obtained by the students on the pretest result of 40.74 and the postest result of 87.40 indicates tested n-Gain score of 0.8 in the high score. The response of Students about the game media obtained 86.49%. Based of these result, imply game learning medium The Adventure of Element on learning during the corona outbreak on the chemical elements can improve students learning outcomes.