PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING
DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA KELAS V SDN PANJUNAN SUKODONO SIDOARJO
The Effect of Project Based Learning Model in Social Studies Learning on Learning
Outcomes of Class V Students at SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo
ABSTRAK
Kowiyah,Siti,2021. Pengaruh Model Project Based Learning dalam Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo. Tesis,Program Studi Pendidikan Dasar, Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya Pembimbing (1) Prof. Dr.Yatim Riyanto,M.Pd.dan (2) Dr. Harmanto,M.Pd.
Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar, dan IPS
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo dengan jumlah sampel yang diambil yaitu Kelas A 25 siswa dan kelas B 25 siswa.Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistic deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata diperoleh 11% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol 6,4% dari keseluruhan subyek penelitian..Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Project based learning dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo.
ABSTRACT
Kowiyah,Siti, 2021. The Effect of Project Based Learning Model in Social Studies Learning on Learning Outcomes of Class V Students at SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo. Thesis, Basic Education Study Program, Post Graduate Surabaya State University, Advisor (1) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd., (2) Dr. Harmanto, M.Pd.
Keywords: Project Based Learning, Learning Outcomes, and Social Studies
This study aims to analyze the effect of the Project Based Learning learning model in social studies learning on the learning outcomes of fifth grade students at SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo.
In this study using a quantitative approach. This type of research uses a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The subjects in this study were students of class V SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo with the number of samples taken, namely Class A 25 students and class B 25 students. The data analysis technique used descriptive statistical analysis.
The results showed that the average value obtained was 11% in the experimental class while the control class was 6.4% of all research subjects..Based on the results of the analysis, it can be concluded that there is a significant effect of the Project based learning model in social studies learning on the learning outcomes of fifth grade students at SDN Panjunan Sukodono Sidoarjo.