Geometrichem Game to Improve Student Learning Autonomy in Molecular Shape Topic
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Geometrichem sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada materi Bentuk Molekul berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Permainan Geometrichem diharapkan dapat meningktakan kemandirian belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tiga langkah, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan permainan, dan (3) uji coba. Permainan Geometrichem diujicobakan pada 18 peserta didik SMAN 1 Gresik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa permainan Geometrichem layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada materi bentuk molekul dengan rincian: (1) kevalidan mendapatkan persentase 89,29% atau sangat valid, (2) kepraktisan mendapatkan persentase 84,03% atau sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik, dan 78,79% atau baik berdasarkan observasi aktivitas peserta didik, (3) keefektifan mendapatkan persentase 77,78% berdasarkan ketuntasan klasikal. Permainan Geometrichem meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada aspek penggunaan sumber belajar, evaluasi diri, dan faktor lingkungan, tetapi tidak berpengaruh pada aspek strategi belajar, perencanaan, dan pemantauan diri.
The aim of this research is to determine the feasibility of Geometrichem game as learning media to improve student learning autonomy in molecular shape topic according to validity, practicality, and effectiveness. Geometrichem game is expected to improve student learning autonomy. The research method applied was Research and Development: (1) preliminary study, (2) development of the product, (3) trial. The trial was conducted to 18 students of SMAN 1 Gresik. The result showed that Goemterichem game is feasible as learning media in molecular shape topic as (1) validity reached 89,29% or highly valid, (2) practicality reached 84,03% or highly practical according to response questionnaire, and 78,79% or good according to student activity observation, (3) effectiveness reached 77,78% according to classical completeness. Geometrichem game improved student learning autonomy in student motivation, use of learning resource, self-evaluation, and environmental factor aspects, but not in learning strategy, planning, and self-monitoring aspects.