ABSTRAK
Lestari , Iis . 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri
Terstruktur Berbantuan Strategi Fish bone
untuk Melatihkan Literasi Sains Pada Peserta Didik Kelas IV SD . Tesis , Program Studi Pendidikan Dasar,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Drs. Z. A. Imam Supardi, Ph.D dan (2) Dr. Sifak
Indana, M.Pd
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terstruktur, Fish bone , Literasi Sains.
Penelitian ini bertujuan (1)
menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran
inkuiri terstruktur yang valid,
praktis, dan efektif untuk melatihkan literasi Sains di kelas IV Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan
validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inkuiri terstruktur
untuk
melatihkan literasi Sains pada materi Kelas IV Tema 5 Sub
Tema 1 Pembelajaran 1.
Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan perangkat
pembelajaran yang mengacu pada model pengembangan Dick and Carey . Perangkat pembelajaran berbasis model
pembelajaran inkuiri terstruktur kemudian divalidasi oleh pakar. Hasil validasi
pakar menyatakan bahwa perangkat
pembelajaran valid dan dapat digunakan.
Selanjutnya diujicobakan pada peserta didik kelas I V
SDN Asemrowo II Surabaya dengan One Group Pretest-Postest Design .
Hasil ujicoba
menunjukkan (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
berkategori sangat valid. (2) Perangkat pembelajaran praktis berdasarkan
keterlaksanaan RPP yang berkategori sangat baik dan aktivitas siswa yang aktif
saat pembelajaran (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan
hasil tes literasi yang menunjukkan 37 siswa memiliki n gain tinggi dan 18 siswa berkategori n- gain sedang serta respon siswa yang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa
perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran inkuiri terstruktur
berbantuan strategi fish bone valid , praktis dan
efektif sehingga digunakan untuk melatihkan literasi sains peserta didik
kelas I V pada Tema V Sub Tema 1 Pembelajaran 1.