ABSTRAK
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA
MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TAMAN
SIDOARJO
Nama : Naila
Fauziyyah
NIM :
16010024002
Program
Studi : S-1 Teknologi
Pendidikan
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama
Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof.
Dr. Mustaji, M.Pd.
Tujuan
dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model Project Based
Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA
materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup pada kelas VII di SMP Negeri 2 Taman
Sidoarjo. (2) Mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL)
terhadap nilai hasil proyek membuat bagan klasifikasi dikotom dan kunci
determinasi pada kelas VII di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo.
Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek dari penelitian ini
menggunakan dua kelas eksperimen yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1
dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen 2 dan satu kelas kontrol yaitu kelas
VII F. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model Project Based
Learning , sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran
konvensional sesuai dengan RPP guru. Pada penelitian ini, data diambil melaui
tiga cara yaitu observasi, tes, dan penilaian proyek. Teknik analisis data
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas,
dan uji one-way Anova.
Berdasarkan
hasil analisis observasi aktivitas guru diperoleh 0,95 yang berarti sangat
kuat , sedangkan hasil dari analisis
observasi aktivitas peserta didik diperoleh 0,9 yang berarti sangat kuat artinya hasil dari observasi aktivitas guru dan peserta
didik tergolong dalam kategori sangat kuat. Sedangkan
hasil perhitungan uji one-way Anova diperoleh
fhitung = 210,64 < ftabel = 3,09 maka ho (hipotesis nol)
ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima, berarti ada pengaruh yang
signifikan pada model Project Based Learning terhadap hasil belajar
materi klasifikasi makhluk hidup dalam membuat bagan klasifikasi dikotom dan
kunci determinasi.
Kemudian untuk hasil penilaian proyek peserta
didik dalam membuat bagan klasifikasi dikotom dan kunci determinasi diperoleh
nilai rata-rata yang tinggi oleh kelas eksperimen 1 dengan nilai 79 dan kelas
eksperimen 2 dengan nilai 82. Hal ini menunjukkan bahwa hasil nilai dari kelas
eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 memenuhi KKM dengan menggunakan model Project
Based Learning.
Kata Kunci: project
based learning , hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup