Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik yang Memiliki Habits of Mind:Thinking Interdependently (HTI) ditinjau dari Kemampuan Matematika
Mathematical Problem Solving Skills of Students who Have Habits of Mind:Thinking Interdependently (HTI) On Mathematical Skills
Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah usaha peserta didik untuk mencari atau menemukan solusi terhadap persoalan non-rutin atau yang jarang ditemui dalam soal atau pertanyaan matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis berguna untuk diterapkan baik dalam pembelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-sehari. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat dipengaruhi oleh kemampuan matematika yang dibedakan menjadi 3 tingkatan yaitu tinggi, sedang, dan rendah serta kebiasaan berpikir yaitu tipe Thinking Interdependently atau berpikir saling berkegantungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki Habits of Mind:Thinking Interdependently (HTI) dan dibedakan oleh kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MA yang terdiri dari 3 peserta didik yang memiliki HTI dan masing-masing berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen utama yaitu peneliti sendiri serta instrumen pendukung yang digunakan meliputi angket HTI, tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada langkah menuliskan hal yang diketahui, peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi dapat menuliskan dengan benar, namun peserta didik dengan kemampuan matematika sedang dan rendah melewatkan satu informasi. Pada langkah menuliskan hal yang diketahui peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dapat menuliskan dengan benar. Pada langkah menyusun rencana sesuai fakta, peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi dan sedang dapat melakukan penyusunan dengan benar dan tepat namun peserta didik dengan kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan dalam langkah ini. Pada langkah memilih strategi yang akan digunakan peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dapat memilih strategi yang benar dan sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Pada langkah menyelesaikan perhitungan sesuai strategi yang dipilih peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi dapat menyelesaikan permasalahan secara matematis dan benar, peserta didik dengan kemampuan matematika sedang dapat menyelesaikan permasalahan dengan hasil yang kurang tepat, dan peserta didik dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat menyelesaikan permasalahan secara matematis dan tidak mendapatkan hasil. Pada langkah penarikan kesimpulan peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah tidak dapat menarik kesimpulan dengan benar dan tepat. Pada langkah memeriksa kembali peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah melakukan pemeriksaan pada setiap langkah pengerjaan yang telah dilakukan. Pada langkah pencocokkan hasil peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah tidak melakukan pencocokkan hasil dikarenakan belum terbiasa melakukan hal tersebut.
Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematis, Habits of Mind:Thinking Interdependently, HTI, Kemampuan Matematika
Mathematical problem solving skills are students efforts to search for or find solutions to non-routine problems or those that are rarely encountered in mathematical problems or questions. Mathematical problem solving skills are useful for applying both in mathematics learning and in everyday life. Mathematical problem solving skills can be influenced by mathematical abilities which are divided into 3 levels namely high, medium, and low. Habits of mind namely thinking interdependently which using in this research. This research aims to describe the problem solving skills of students who have Habits of Mind:Thinking Interdependently (HTI) and are differentiated by high, medium and low mathematical skills. This research is descriptive research using a qualitative approach. The subjects of this research that are students of class X MA consisting of 3 students who had HTI and each subject had high, medium and low mathematics skill. The main instrument is the researcher himself and the supporting instruments used include the HTI questionnaire, mathematical skills test, mathematical problem solving test, and interview guide. Data analysis techniques used by researcher include data condensation, data presentation, and drawing conclusions. In the step of writing down what is known, students with high mathematical skills can write correctly, but students with medium and low mathematical skills miss one piece of information. In the step of writing down things that are known, students with high, medium and low mathematical skills can write them correctly. In the step of preparing plans according to facts, students with high and medium mathematical skills can carry out the preparation correctly and precisely, but student with low mathematical skills make some mistakes in this step. In the step of choosing a strategy that will be used, students with high, medium and low mathematical skills can choose the correct strategy that suits the problem given. In the step of completing calculations according to the strategy chosen, student with high mathematical skills can solve problem mathematically and correctly, student with medium mathematical skills can solve problem with inaccurate result, and student with low mathematical skills cannot solve problem mathematically and get no result for the problem. In the step of drawing conclusions, students with high, medium and low mathematical skills cannot draw conclusions correctly and precisely. In the step of checking again, students with high, medium and low mathematical skills carry out checks on each step of work that has been carried out. In the step of matching results, students with high, medium and low mathematical skills did not match their results because they were not used to doing this.
Keywords : Mathematical Problem Solving Skills, Habits of Mind:Thinking Interdependently, HTI, Mathematical skills