PEER MEDIATED INTERVENTION SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN AUTISME
PEER MEDIATED INTERVENTION AS A STRATEGY TO IMPROVE CHILDREN'S SOCIAL SKILLS WITH AUTISM
Anak autis memiliki keterlambatan dalam perkembangan keterampilan sosial untuk itu perlu adanya strategi pembelajaran yang mendukung anak dengan autisme dalam upaya mengembangkan keterampilan sosial, salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan menerapkan strategi Peer Mediated Intervention (PMI). Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi PMI dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak autis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif untuk menyelesaikan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa penggunaan strategi PMI dalam intervensi telah dimediasi oleh teman sebaya saat melakukan pembelajaran keterampilan sosial secara terjadwal dan sistematis, serta implementasinya dalam kurikulum akademis.
Autistic children have a delay in the development of social skills for that it is necessary to have a learning strategy that supports children with autism in an effort to develop social skills, one of the strategies that can be done in learning activities is to implement the Peer Mediated Intervention (PMI) strategy. The purpose of this study is to examine PMI strategies in improving social skills in children with autism. The research method used in this research is the study of literature which is then analyzed through descriptive analysis to solve problems. The results of the study found that the use of PMI strategies in interventions had been mediated by peers when learning social skills in a scheduled and systematic manner, as well as their implementation in the academic curriculum.