EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA PROSES PERIBADATAN DI PURA SRI AJI JOYOBOYO PAPAR KEDIRI
EXPLORATION OF ELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS CONCEPTS IN THE PROCESS OF WORSHIP AT PURA SRI AJI JOYOBOYO PAPAR KEDIRI
Matematika dan budaya merupakan dua hal yang saling berkaitan dan teritegrasi dalam segala aspek kehidupan. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan konsep matematika sekolah dasar dengan proses peribadatan yang ada di Pura Sri Aji Joyoboyo Papar Kediri serta menjelaskan pemahaman matematis peserta didik terhadap matematika pada proses peribadatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis transformatif dengan menggunakan multiparadigma yaitu interpretive paradigm, critical paradigm, dan postmodern paradigm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi autoetnografi, wawancara semistruktur, dan menulis naratif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konsep matematika sekolah dasar dengan proses peribadatan di Pura Sri Aji Joyoboyo Papar Kedrir. Konsep matematika yang ditemukan diantaranya konsep matematika berupa bilangan dan geometri. Pemahaman matematis peserta didik ditunjukkan dengan peserta didik dapat melihat, menyebutkan serta menjelaskan konsep matematika yang ada dalam proses peribadatan di Pura. Peserta didik menyebutkan bentuk bangun datar, bangun ruang, sudut, refleksi, translasi dari benda yang diamati serta mengaplikasikan perbandingan dalam pelaksanaan proses peribadatan.
Mathematics and culture are two things that are interrelated and integrated in all aspects of life. The purpose of this research is to describe the relationship between elementary school mathematics concepts and the worship process at Sri Aji Joyoboyo Papar Temple, Kediri and to explain students' mathematical understanding of mathematics in the worship process. This research is a transformative qualitative research using multiparadigms, namely interpretive paradigm, critical paradigm, and postmodern paradigm. Data collection techniques used in this study were autoethnographic studies, semi-structured interviews, and narrative writing. The results of this study indicate that there is a relationship between elementary school mathematics concepts and the process of worship at Sri Aji Joyoboyo Papar Kedrir Temple. The mathematical concepts found include mathematical concepts in the form of numbers and geometry. Students' mathematical understanding is shown by students being able to see, mention and explain mathematical concepts that exist in the process of worship at the temple. Students mention the shapes of flat shapes, geometric shapes, angles, reflections, translations of the observed objects and apply comparisons in the implementation of the worship process.