ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERGERAK DALAM WRITTEN CHINESE DICTIONARY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HANZI SISWA KELAS X MIPA SMAN 2 SIDOARJO
Nama Mahasiswa : Sandra Putri Sulisetyawati
NIM : 15020774069
Jurusan : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga :Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd
Tahun : 2019
Kata kunci : media gambar bergerak, written chinese dictionary, menulis Hanzi
Peneliti ini membahas tentang penulisan hanzi menggunakan media gambar bergerak dalam written chinese dictionary. Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan. Gambar bergerak menampilkan satu urutan gambar yang berubah sedikit demi sedikit pada kecepatan yang tinggi maupun rendah. Written Chinese Dictionary merupakan salah satu program atau aplikasi Android dan IOS yang dibuat untuk memudahkan dalam belajar bahasa Mandarin. Mengingat adanya kesulitan dalam mempelajari karakter dalam bahasa Mandarin. Maka dalam program Written Chinese Dictionary ini disediakan berbagai kemudahan dalam mempelajari bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar bergerak dalam “Written Chinese Dictionary” dalam pembelajaran menulis hanzi pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Sidoarjo. Mendeskripsikan keefektifan penggunaan media gambar bergerakdalam “Written Chinese Dictionary” dalam pembelajaran menulis hanzi pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Sidoarjo. Mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media gambar bergerak dalam “Written Chinese Dictionary” dalam pembelajaran menulis hanzi pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Sidoarjo.
Peneliti menggunakan penelitian eksperimen True experiment design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Peneliti menggunakan sampel kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan sampel kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, soal pretest-posttest, dan angket respon siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t, data observasi dan angket dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase.
Berikut ini merupakan hasil analisis yang berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini. Hasil dari rumusan masalah yang pertama dapat di lihat melalui hasil lembar observasi guru digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin di kelas dengan menggunakan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap kemampuan menulis hanzi. Pada pertemuan pertama diperoleh presentase sebesar 81,57% dan pertemuan kedua meningkat diperoleh presentase sebesar 83,75%. Dari hasil analisis data observasi guru dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap kemampuan menulis hanzi memberikan dampak yang baik bagi pembelajaran.
Selanjutnya hasil jawaban dari rumusan masalah yang kedua yaitu hasil pre test dan post test yang telah dianalisis. Hasil belajar siswa diperoleh t0 = 6,22 dan db = 58, selanjutnya dibandingkan dengan melihat tabel nilai taraf 5%. Dengan harga t0 = 6,22 dan db = 58, maka diketahui bahwa ttabel 0,05=2,9 menunjukkan t0 lebih besar dari ttabel (6,22>2,9), dengan demikian pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary efektif terhadap kemampuan menulis hanzi pada kelas eksperimen siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Sidoarjo.
Rumusan masalah yang ketiga berupa angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon terhadap penggunaan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap kemampuan menulis hanzi pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan dengan hasil presentase pada setiap aspek pada angket respon siswa yaitu pada aspek pemahaman materi diperoleh sebesar 89%, aspek proses pembelajaran pada pernyataan angket pertama siswa menyukai pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan media dalam Written Chinese Dictionary diperoleh sebesar79%, pada pernyataan angket ke tiga penggunaan media dalam Written Chinese Dictionary membuat suasana kelas menjadi menyenangkan diperoleh sebesar 94%, pada pernyataan angket ke empat guru memberikan waktu yang cukup untuk penerapan media dalam Written Chinese Dictionary diperoleh sebesar 72%, pada pernyataan angket ke lima media dalam Written Chinese Dictionary dalam materi menulis hanzi membuat pembelajaran lebih menarik diperoleh sebesar 90%, pada pernyataan angket ke enam penggunaan media dalam Written Chinese Dictionary dapat menumbuhkan minat serta motivasi dalam pembelajaran menulis hanzi diperoleh sebesar 78%, pada pernyataan angket ke tujuh media dalam Written Chinese Dictionary dapat meningkatkan kemampuan menulis hanzi 80%, dan pada pernyataan ke delapan media dalam Written Chinese Dictionary dapat diterapkan untuk pembelajaran lainnya diperoleh sebesar 86%. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary mendapat tanggapan yang sangat baik dari peserta didik dan mampu diterapkan untuk pembelajaran menulis hanzi.
ABSTRACT
THE EFFECT OF USE OF MEDIA IMAGES MOVING IN WRITTEN CHINESE DICTIONARY ON THE ABILITY OF WRITING HANZI STUDENTS OF MIPA CLASS X SMAN 2 SIDOARJO
Student Name : Sandra Putri Sulisetyawati
Department : S1 Chinese Language Education
Faculty : Language and Art
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd
Year : 2019
Keywords : moving picture media, written chinese dictionary, Hanzi writing
This researcher discusses the writing of Hanzi using media moving images in written Chinesedictionary. Media is an inseparable part of the teaching and learning process in order to achieve educational goals. Moving images display one sequence of images that changes little by little at high and low speeds. The Written Chinese Dictionary is an Android and IOS program or application that is made to facilitate learning Chinese. Given the difficulty in learning characters in Mandarin. So in the Written Chinese Dictionary program there are various conveniences in learning Chinese. The purpose of this study was to describe the influence of the use of mobile picture media in "Written Chinese Dictionary" in learning to write hanzi on students of class X MIPA Sidoarjo 2 High School. Describing the effectiveness of using media images moves in the "Written Chinese Dictionary" in learning to write hanzi on students of class X MIPA Sidoarjo 2 High School. Describing students' responses to the use of moving picture media in "Written Chinese Dictionary" in learning to write hanzi on class X MIPA Sidoarjo 2 High School.
The researcher used experimental research True experiment design using pretest-posttest control group design. The researcher used a sample of class X MIPA 4 as an experimental class and a sample of class X MIPA 7 as a control class consisting of 30 students. Data collection in this study consisted of observations, pretest-posttest questions, and student response questionnaires. Student learning outcomes data were analyzed using t test, observation data and questionnaires were analyzed using descriptive percentage techniques.
The following is the result of the analysis based on the formulation of the problem in this study. The results of the first problem formulation can be seen through the results of the teacher observation sheet used to find out the teacher's activities in the process of learning Chinese in the classroom by using moving media images in the Written Chinese Dictionary on hanzi writing skills. In the first meeting, the percentage was 81.57% and the second meeting increased, the percentage was 83.75%. From the results of the analysis of teacher observation data it can be concluded that the influence of the use of motion picture media in the Written Chinese Dictionary on the ability to write hanzi has a good impact on learning. Then the results of the answers to the second problem formulation are the results of the pre test and post test that have been analyzed. Student learning outcomes obtained t0 = 6.22 and db = 58, then compared with looking at a table of 5% level. With the price of t0 = 6.22 and db = 58, it is known that t table 0.05 = 2.9 shows that t0 is greater than t table (6.22> 2.9), thus learning Chinese using the moving picture media in the Written Chinese Dictionary is effective on the ability to write hanzi in the experimental class of class X MIPA 4 Sidoarjo 2 High School. The third problem formulation in the form of student response questionnaires was used to determine the response to the use of moving media images in the Written Chinese Dictionary on the ability to write hanzi in the experimental class. This is evidenced by the results of the percentage in each aspect of the student response questionnaire, namely on the aspect of material understanding obtained by 89%, the learning process aspects in the first questionnaire statement of students who liked learning Chinese using media in the Written Chinese Dictionary obtained by 79%, on the questionnaire statement the three media uses in the Written Chinese Dictionary made the classroom atmosphere pleasant by 94%, in the fourth questionnaire statement the teacher gave sufficient time for the application of the media in the Written Chinese Dictionary to be 72%, in the five media questionnaire statements in the Written Chinese Dictionary in hanzi writing material made the learning more interesting obtained by 90%, in the sixth questionnaire statement the use of media in the Written Chinese Dictionary can foster interest and motivation in learning to write hanzi obtained by 78%, on the questionnaire statement to seven media in The Written Chinese Dictionary can improve the ability to write hanzi 80%, and in the eighth statement the media in the Written Chinese Dictionary can be applied to other learning obtained by 86%. This proves that the use of mobile picture media in the Written Chinese Dictionary gets very good responses from students and is able to be applied to learning to write hanzi.