Dalam era globalisasi saat ini keterampilan berpikir sangat diperlukan oleh siswa untuk menghadapi persaingan dan tantangan masa depan. Salah satu keterampilan berpikir yang perlu dimiliki siswa untuk menghadapi persaingan tersebut yaitu berpikir kreatif. Berpikir kreatif merujuk pada kemampuan untuk menghasilkan solusi bervariasi yang bersifat baru terhadap masalah matematika. Untuk menilai kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari sebuah pemecahan masalah, salah satunya dengan menggunakan masalah open-ended. Masalah open-ended menuntut siswa untuk menemukan lebih dari satu jawaban dan cara yang benar untuk menyelesaikannya. Kemampuan berpikir kreatif juga berhubungan erat dengan gaya berpikir. Pada penelitian ini kemampuan berpikir kreatif siswa akan ditinjau dari gaya berpikir Sternberg menurut fungsinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) tingkat berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya berpikir legislatif dalam memecahkan masalah open ended, (2) tingkat berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya berpikir eksekutif dalam memecahkan masalah open ended, dan (3) tingkat berpikir kreatif siswa yang memiliki gaya berpikir judisil dalam memecahkan masalah open ended.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan metode wawancara. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan matematika siswa, data gaya berpikir siswa, dan data hasil tes pemecahan masalah open-ended. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mendapatkan keterangan atau penjelasan mengenai hasil pekerjaan ketiga subjek sehingga peneliti dapat mengetahui lebih dalam kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open-ended. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan tiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Peneliti mengelompokkan tiga siswa berdasarkan tingkat berpikir kreatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa legislatif mempunyai empat jawaban yang beragam dan benar, tiga cara penyelesaian yang berbeda-beda dan benar, serta terdapat kebaruan pada jawaban dan cara penyelesaiannya. Siswa eksekutif mempunyai lima jawaban yang beragam dan benar, namun siswa eksekutif hanya dapat menggunakan satu cara penyelesaian yang benar. Kebaruan dari siswa eksekutif masih kurang menonjol dibandingkan siswa legislatif. Siswa judisil mempunyai lima jawaban yang beragam dan benar, namun keberagaman jawaban siswa judisil kurang menonjol dibanding siswa legislatif dan eksekutif. Siswa judisil hanya dapat menggunakan satu cara penyelesaian yang benar. Kebaruan dari siswa judisil masih kurang menonjol dibandingkan siswa legislatif dan siswa eksekutif.
Siswa dengan gaya berpikir legislatif memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Sehingga berdasarkan tingkat berpikir kreatif, siswa dengan gaya berpikir legislatif termasuk dalam kategori TKBK 4 yaitu sangat kreatif. Siswa dengan gaya berpikir eksekutif dan judisil memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan dan kebaruan. Sehingga berdasarkan tingkat berpikir kreatif, siswa dengan gaya berpikir eksekutif dan judisil termasuk dalam kategori TKBK 3 yaitu kreatif.
In this globalization era, thinking skill is very important for students in overcoming future competition and challenges. One of thinking skills that students should have is creative thinking. Creative thinking is the ability to generate a new various solutions toward problem in mathematics. It can be assessed from the problem solving used such as open-ended problem. Open-ended problem requires students to find more than one answer and a correct way to solve it where creative thinking is required in it. Furthermore, creative thinking skill is closely related with thinking style. In this research, students’ creative thinking skill will be analyzed by using Sternberg thinking style according to the functions that are legislative, executive, and judicial.
The purpose of this research is to describe (1) creative thinking level of students who have a legislative thinking style in solving open-ended problem, (2) creative thinking level of students who have an executive thinking style in solving open-ended problem and (3) creative thinking level of students who have a judicial thinking style in solving open-ended problem.
This research is using qualitative descriptive research method. The data of this research is collected by using test and interview. Test is used to gain the data of the students’ mathematics skill, students’ thinking style and the result of open-ended problem solving test. Then, interview is used to get information and explanation about the result of the three subjects’ work. Its purpose is to help the researcher to have deeper knowledge about the students’ creative thinking skill in solving open-ended problem. The data obtained will be analyzed based on the three indicators of creative thinking such as fluency, flexibility and novelty. After that, the researcher will classify those three students based on the creative thinking level.
The result of the research shows that legislative students have four different and correct answers and also three different and correct methods in solving problem. Besides, there is a novelty in the answers and the problem solving. In the other hand, executive students have five different and correct answers. However, they can merely use one method in solving problem correctly. The novelty of executive students is less prominent than the legislative one. Same as executive students, judicial students also have five correct and different answers. Though, the variety of the answers and the novelty of them are also less prominent than two other groups. Judicial students are able to use only one correct method in solving problem.
Students with legislative thinking style fulfill the creative thinking indicators in fluency, flexibility and novelty. Based on the creative thinking level, we can conclude that students with legislative thinking style include in the category of TKBK 4 which is very creative. Differ from the legislative one, students with executive and judicial thinking style only fulfill two creative thinking indicators that are fluency and novelty. Hence, students with executive and judicial thinking style include in the category of TKBK 3 which is creative.