Penelitian ini mengembangkan Aplikasi Media Pembelajaran untuk membantu memberikan inovasi media atau sarana baru untuk proses pembelajaran mata kuliah Kajian Kurikulum SMK, serta diharapkan dapat membantu para peserta didik agar lebih memahami materi selama proses pembelajaran. Rumusan Masalah pada penelitian ini diantaranya : (1) Bagaimana Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Game pada mata kuliah Kajian Kurikulum SMK, dan (2) bagaimana Respon Mahasiswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Mata kuliah Kajian Kurikulum SMK.
Dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall. Sampel penelitian pada dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang mengikuti mata kuliah Kajian Kurikulum SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi media pembelajaran dan angket siswa terhadap media pembelajaran. Lalu, teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kelayakan media dan respon mahasiswa. Berikut hasil yang telah didapatkan dalam penelitian ini diantaranya : (1) Hasil dari validasi media pembelajaran diperoleh 78,666%, yang berarti “Baik”, dan (2) Respon siswa terhadap media berbasis game memperoleh presentase 80,175%, yang dinyatakan “Baik” untuk pembelajaran.
Kata Kunci : Aplikasi, Media Pembelajaran, Game.
This research to develop Game-Based learning to help provide media innovation or new tools for the learning process of SMK Curriculum Study Courses, and is expected to help students better understand the material during the learning process. The formulation of the problems in this study include: (1) How is the feasibility of game-based learning media in the SMK Curriculum Study course. (2) How do students respond to Game-Based Learning Media in Vocational Curriculum Study Courses.
In this study using the waterfall method. The research sample in this study were 30 Information Technology Education (PTI) students who took the SMK. Data collection techniques used in this study were questionnaire validation of learning media and student questionnaire toward learning media. Then, the analysis technique used is the analysis of the feasibility of the media and student responses.The following results have been obtained in this study include: (1) The results of the learning media validation obtained 78,666%, which means “Good”, and.(2)Students responses to game-based media obtained a percentage of 80,175%, which was declared “Good” for learning.
Keywords: Application, Learning Media, Games.