PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM ECOPRINT GIRLY LESTARI DI SURABAYA
ECOPRINT GIRLY LESTARI MSME VISUAL IDENTITY DESIGN IN SURABAYA
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Ecoprint Girly Lestari merupakan sebuah usaha kecil yang menjual produk fashion dan aksesoris dengan motif ecoprint. UMKM ini merupakan salah satu UMKM yang menjual produknya di Surabaya Kriya Gallery. Berdiri sejak tahun 2019, UMKM Ecoprint Girly Lestari belum memiliki identitas visual yang terkonsep dan konsisten yang dapat dilihat dari perbedaan penggunaan logo di setiap media. Hal ini menyebabkan konsumen sulit mengenali produk dari UMKM Ecoprint Girly Lestari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripkan proses perancangan identitas visual UMKM Ecoprint Girly Lestari. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur serta menggunakan metode analisis STP dan metode analisis SWOT. Hasil dari perancangan identitas visual berupa logo dengan konsep desain yang disesuaikan dengan keunikan dan target audiens UMKM. Logo diaplikasikan pada beberapa media seperti: hang tag, label baju, paper sleeve, paper bag, kartu nama, neon box, stationary. Dan juga terdapat media penunjang seperti brosur dan x-banner. Panduan penggunaan logo ditulis dalam Graphic Standard Manual (GSM).
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSME) Ecoprint Girly Lestari is a small business that sells fashion and accessories products with ecoprint patterns. This MSME is one of the MSMEs that sells its products at the Surabaya Kriya Gallery. Established in 2019, Ecoprint Girly Lestari does not have a conceptual and consistent visual identity. It can be seen through the differences in logo usage in each media. This condition makes consumers difficult to recognize their products. Therefore, this study aims to describe the visual identity design process for Ecoprint Girly Lestari MSMEs. This research is qualitative with interview, observation, documentation, and literature study data collection techniques and uses the STP and the SWOT analysis methods. The result of visual identity design is a logo with a design concept that has been adapted to the uniqueness and target audience of MSMEs. The logo is applied to several media such as hang tags, clothing labels, paper sleeves, paper bags, business cards, neon box and stationary. There are also supporting media such as brochures and x-banners. Guidelines for logo usage are written in Graphic Standard Manual (GSM).