DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA ABOUT TRANSLATION AND DILATION IN MATHEMATICS CLASS XI SCIENCE STUDENTS OF SMAN 19 SURABAYA
Tujuan dari pengembangan Multimedia Interaktif ini adalah (1) Untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif tentang translasi dan dilatasi pada mata pelajaran Matematika siswa kelas XI IPA di SMAN 19 Surabaya, (2) Untuk mengetahui kelayakan dari untuk Multimedia Interaktif tentang translasi dan dilatasi pada mata pelajaran Matematika siswa XI IPA di SMAN 19 Surabaya. Model Pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah DDD-E oleh Invers dan Barron (2002). Model pengembangan DDD-E berfungsi di garis besar umum menyediakan kerangka kerja untuk tahapan-tahapan dalam proyek multimedia yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Decide, Design, Develop dan Evaluate. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara serta angket untuk ahli desain pembelajaran (RPP), ahli materi, dan ahli media untuk mengetahui kelayakan pada media. Berdasarkan analisis data, hasil uji kelayakan Multimedia Interaktif ini pada ahli materi dan ahli media dikategorikan sangat baik dengan nilai 90% - 100% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif tentang translasi dan dilatasi pada mata pelajaran matematika siswa XI IPA di SMAN 19 Surabaya layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif Translasi dan Dilatasi, Matematika.
The purpose of developing this Interactive Multimedia is (1) To produce Interactive Multimedia products about translation and dilation in Mathematics subjects of class XI IPA students at SMAN 19 Surabaya, (2) To determine the feasibility of Interactive Multimedia about translation and dilation in mathematics subjects of XI IPA at SMAN 19 Surabaya. The development is DDD-E by Invers and Barron (2002). The DDD-E development mode functions in a general outline providing a framework for the stages in a multimedia project which consists of four stages namely: Decide, Design, Develop ans Evaluate. The data collection instrument used interviews and questionnaires for learning design exprets (RPP), material experts, and media experts to determine the feasibility of the media. Based on data analysis, the results of the feasibility test for Interactive Multimedia on material experts and media experts are categorized as very good with a value of 90% 100%. So it can be concluded that Interactive Multimedia about in mathematics subjects of XI IPA student at SMAN 19 Surabaya are suitable for use in the learning process.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Translation and Dilation , Mathematics.