ABSTRAK
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mapel OTK Kepegawaian Kelas XII OTKP
di SMKN Mojoagung
Nama : Risky Octavianis
NIM : 15080314036
Program Studi : S1-Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Meylia Elizabeth Ranu, S.Pd., M.SM.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri Mojoagung. Buku ajar yang dikembangkan dalam mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian ini terdiri dari materi dan tugas-tugas yang berbasis Problem Based Learning (PBL) yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 yang bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis pada peserta didik khususnya kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian pengembangan buku ajar ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, et al. (1974) yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian dilakukan di SMK Negeri Mojoagung terhadap 20 peserta didik kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1. Hasil validasi dari para ahli terhadap kelayakan buku ajar menunjukkan validasi dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 79,2% dengan kategori layak, validasi dari ahli bahasa memperoleh presentase sebesar 97,1% dengan kategori sangat layak, validasi dari ahli grafik memperoleh presentase sebesar 89,0% dengan kategori sangat layak. Total keseluruhan hasil dari validasi para ahli adalah 88,4% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba terbatas buku ajar terhadap peserta didik diperoleh presentase sebesar 86,6% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian yang telah dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Buku Ajar, Problem Based Learning (PBL), Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian.
ABSTRACT
Developing Textbooks Based on Problem Based Learning (PBL) on Personnel OTK Subjects in Class XII OTKP
at SMKN Mojoagung
Name : Risky Octavianis
Study Program : S1 Office Administration Education
Department : Economic Education
Faculty : Economic
Institution : Surabaya State University
Advisor : Meylia Elizabeth Ranu, S.Pd., M.SM.
The aim of this research is to developing textbooks based on Problem Based Learning (PBL) on Automation of Staffing management subject in class XII Automation and Office Management at SMK Negeri Mojoagung. Textbooks developed in the Automation of Staffing Management subjects consist of material and assignments based on Problem Based Learning (PBL) accordance to 2013 curriculum 2017 revised to improve critical thinking in students especially class XII Automation and office management. This research applies Research and Development (R & D) method with a 4-D development model developed by Thiagarajan, et al. (1974) which consists of 4 stages of development, from the stage of defining, designing, developing and disseminate. This research was conducted at SMK Negeri Mojoagung towards 20 students of class XII Automation and Office Management 1. The results of validation from experts on the feasibility of textbooks shows that the validation of material experts obtained a percentage of 79.2% with appropriate categories, validation from linguists obtained a percentage amounting to 97.1% with a very feasible category, the validation of the graphic expert obtained a percentage of 89.0% with a very feasible category. The total overall results of the experts' validation were 88.4% with a very decent category. Based on the results of a limited trial of textbooks for students obtained a percentage of 86.6% with a very feasible category. This shows that the Problem Based Learning (PBL) textbook on the Automation of Staffing management subject that has been developed by researchers is declared feasible to be used as teaching material in learning.
Keywords: Textbooks, Problem Based Learning (PBL), Automation of Staffing management.