PENGEMBANGAN E-MODUL IPS MELALUI KESENIAN DONGKREK PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF SOCIAL STUDIES E-MODULES THROUGH DONGKREK ART IN GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa Pengembangan E-Modul IPS Melalui Kesenian Dongkrek Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan pengembangan Pengembangan E-Modul IPS Melalui Kesenian Dongkrek Pada Kelas IV Sekolah Dasar adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan juga efektifitas dari E-modul pada kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yakni analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN Wungu 01 dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas IV. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi untuk mendapatkan data berupa kelayakan media pembelajaran, angket respon guru serta peserta didik untuk mendapatkan data kepraktisan media pembelajaran, serta bulir soal pretest dan postest untuk mendapatkan data keefektifan produk media pembelajaran. Berdasarkan data hasil validasi E-modul didapatkan nilai dari ahli media yaitu 84% dan nilai dari ahli materi yaitu 94%. Yang berarti Pengembangan E-Modul IPS Melalui Kesenian Dongkrek Pada Kelas IV Sekolah Dasar merupakan media yang layak digunakan. Sedangkan hasil dari penilaian angket respon guru mendapatkan nilai 95% dan angket respon siswa mendapatkan nilai 95,2%. Dari hasil respon guru kelas dan peserta didik menandakan bahwa Pengembangan E-Modul IPS Melalui Kesenian Dongkrek Pada Kelas IV Sekolah Dasar merupakan media yang praktis dan layak digunakan. Jika dilihat dari hasil tes peserta didik Pengembangan E-Modul IPS Melalui Kesenian Dongkrek Pada Kelas IV Sekolah Dasar tergolong pada kategori efektif karena 95% peserta didik mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan tabel output "Paired Samples Test" diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yakni terdapat perbedaan sebelum perlakuan dan sesudah .Selain itu nilai peserta didik juga mengalami peningkatan dapat dilihat dari hasil gain score yang menunjukkan angka 0,77 yakni peningkatan kategori tinggi. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Pengembangan E-Modul IPS Melalui Kesenian Dongkrek Pada Kelas IV Sekolah Dasar yang telah dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan.
Kata kunci: E-modul, IPAS, Kesenian Dongkrek, Madiun
This research is included in development research that produces products in the form of Social Studies E-Module Development through Dongkrek Art in Class IV Elementary School. The purpose of the development of Social Studies E-Module Development through Dongkrek Art in Class IV Elementary School is to determine the feasibility, practicality and effectiveness of E-modules in classroom learning activities. In research and development (Research and Development) using the ADDIE development model, namely analysis (analysis), design (design), development (development), implementation (implementation) and evaluation (evaluation). This research was conducted at SDN Wungu 01 with the research subject being grade IV students. In collecting data, this study used validation sheets for media experts and material experts to obtain data in the form of learning media feasibility, teacher response questionnaires and students to obtain data on the practicality of learning media, as well as pretest and postest questions to obtain data on the effectiveness of learning media products. Based on the data from the E-module validation results, the value of the media expert is 84% and the value of the material expert is 94%. Which means the Development of E-Module Social Studies Through Dongkrek Art in Class IV Elementary School is a media that is feasible to use. While the results of the teacher response questionnaire assessment received a score of 95% and the student response questionnaire received a score of 95.2%. From the results of the response of class teachers and students indicate that the Development of E-Module Social Studies Through Dongkrek Art in Class IV Elementary School is a practical and feasible media to use. When viewed from the test results of students, the Social Studies E-Module Development through Dongkrek Art in Class IV Elementary School is classified in the effective category because 95% of students reach learning completeness. Based on the output table "Paired Samples Test" obtained Sig value. (2-tailed) of 0.000 <0.05, that is, there is a difference before treatment and after. In addition, the value of students has also increased, it can be seen from the results of the gain score which shows the number 0.77, which is an increase in the high category. According to the results of the research that has been done, it can be concluded that the Social Studies E-Module Development Through Dongkrek Art in Class IV Elementary School that has been developed meets the valid, practical and effective categories so that it is suitable for use.
Keywords: E-module, Social Studies, Dongkrek Art, Madiun