SISTEM NAVIGASI AUTONOMOUS PADA PROTOTIPE KAPAL DENGAN SENSOR GPS DAN KOMPAS
AUTONOMOUS NAVIGATION SYSTEM ON PROTOTYPE SHIP WITH GPS SENSOR AND COMPASS
Penguasaan teknologi kapal wisata dan digital dalam sektor kemaritiman menjadi krusial untuk mengoptimalkan pengalaman wisata bahari secara visual maupun non visual. KKCTBN 2023 menggerakkan pengembangan prototipe kapal wisata tanpa awak sebagai langkah maju. Sistem navigasi autonomous dengan GPS Neo 6m dan sensor kompas HMC5883L dipilih untuk memastikan jalur pelayaran yang akurat. GPS Neo 6m dan HMC5883L dikenal karena efisiensinya. Penelitian ini bertujuan membangun Rancang Sistem Navigasi Autonomous Pada Prototipe Kapal Autonomous Tourism Surface Vessel dengan Sensor GPS Neo 6m dan Sensor Kompas HMC5883L. GPS Neo 6m akan memberikan titik koordinat prototipe kapal sedangkan HMC5883L memberikan nilai arah mata angin sebagai dasar dari sistem navigasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari beberapa langkah yaitu analisis kebutuhan, desain rancangan prototipe, implementasi, pengujian, dan hasil penelitian. Pada pengujian sensor GPS Neo 6m, didapatkan nilai rata-rata eror 0.52 m dan eror tertinggi 1,6 m. Sedangkan pada pengujian sensor HMC5883L didapatkan nilai rata-rata eror 1,1° dan eror tertinggi 2°. Hasil dari penelitian ini prototipe kapal mampu bergerak sesuai dengan titik yang sudah ditentukan. Dilakukan iterasi sebanyak lima kali dengan keberhasilan 86%.
Kata Kunci : Navigasi, Autonomous, Kapal, GPS Neo 6m, HMC5883L.
Mastery of tourist ship technology and digital technology in the maritime sector is crucial for optimizing the visual and non-visual marine tourism experience. KKCTBN 2023 is driving the development of a prototype unmanned tourist boat as a step forward. An autonomous navigation system with GPS Neo 6m and HMC5883L compass sensor was selected to ensure an accurate navigation path. The GPS Neo 6m and HMC5883L are known for their efficiency. This research aims to develop an Autonomous Navigation System Design for an Autonomous Tourism Surface Vessel Prototype with a Neo 6m GPS Sensor and an HMC5883L Compass Sensor. GPS Neo 6m will provide the coordinates of the ship prototype while the HMC5883L provides cardinal direction values as the basis of the navigation system. The method used in this research consists of several steps, namely needs analysis, prototype design, implementation, testing, and research results. In testing the Neo 6m GPS sensor, the average error value was 0.52 m and the highest error was 1.6 m. Meanwhile, in testing the HMC5883L sensor, the average error value was 1.1° and the highest error was 2°. The results of this research are that the ship prototype is able to move according to a predetermined point. Iterated five times with 86% success.
Keywords: Navigation, Autonomous, Ship, GPS Neo 6m, HMC5883L.