Use of Geographic Information System for Hotel Location to Support the Tourism Sector of Jember District
Letak geografis Kabupaten Jember yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Gunung Argopuro membuat Kabupaten Jember memiliki potensi pada sektor pariwisata. Namun, terdapat kendala dalam pengembangan sektor wisata di Jember yaitu kurangnya penunjang wisata seperti akomodasi. Selain itu, terdapat beberapa lokasi hotel di Kabupaten Jember yang tidak sesuai baik dari koordinat maupun lokasi hotel dengan di Google Maps. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pemetaan lokasi hotel di Kabupaten Jember menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan menganalisis pola sebaran hotel berdasarkan lokasi di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah hotel meningkat menjadi 56 hotel yang tersebar di 14 kecamatan, serta terdapat beberapa hotel yang tidak beroperasi juga tidak sesuai pada Google Maps. Dari hasil identifikasi hotel menunjukan bahwa 57% hotel terletak jalan lokal, 56% hotel berada di kawasan pemukiman, dan 62% hotel dapat menjangkau DTW. Selain itu, hasil analisis tetangga terdekat menunjukan pola sebaran hotel termasuk ke dalam kategori acak (random).
Kata kunci: Hotel, lokasi, pemetaan, sebaran, wisata.
The geographical location of Jember Regency, which borders the Indian Ocean and Mount Argopuro, makes Jember Regency have potential in the tourism sector. However, there are obstacles in developing the tourism sector in Jember, namely the lack of tourism support such as accommodation. Apart from that, several hotel locations in Jember Regency do not match the coordinates or hotel addresses on Google Maps. This research aims to map hotel locations in the Jember Regency using a Geographic Information System (GIS) and analyze hotel distribution patterns based on location in the Jember Regency. The research method used in this research is a quantitative method with a survey research type. The research results show that the number of hotels has increased to 56 hotels spread across 14 sub-districts, and several hotels are not operating and do not match Google Maps. The results of hotel identification show that 57% of hotels are located on local roads, 56% of hotels are in residential areas, and 62% of hotels can reach tourist attraction. Apart from that, the results of the nearest neighbor analysis show that the hotel distribution pattern is included in the random category.
Keywords: distribution, hotel, location, mapping, tourism.