Dalam mengoptimalkan kegiatan pembelajaran,
diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik
untuk kreatif, aktif, imajinatif, eksploratif, dan fokus dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan media permainan monopoli
dengan nama Monogen (Monopoli Genetika) yang inovatif dan praktis dalam
meningkatkan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan validitas, keefektifan,
dan kepraktisan. Media Monogen berisi satu set papan permainan berukuran 2 x 2
m yang dilengkapi dengan kartu pertanyaan tentang materi substansi genetik dan
berfungsi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini
berfokus pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis,
Design, Development, Implementation , dan Evaluation . Instrumen yang
digunakan yakni lembar validasi media permainan dan butir pertanyaan, lembar pre-test
dan post-test , lembar keterlaksanaan aktivitas, dan lembar angket
respon. Analisa data penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Tahap
pengembangan dilaksanakan di Prodi Pendidikan Biologi FMIPA Unesa, sedangkan
tahap uji coba dilaksanakan secara terbatas kepada 36 peserta didik SMAN 1
Cerme. Rincian hasil penelitian yang telah dilakukan yakni media Monogen
dianggap sangat valid berdasarkan hasil validasi media dengan nilai validitas
sebesar 95,2% dan hasil validasi butir pertanyaan media sebesar 97,4%, berdasarkan
peningkatan hasil tes dianggap sangat efektif dengan nilai N-gain score sebesar
0,64 dan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 92,1%, serta
dianggap sangat praktis berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan aktivitas
peserta didik dengan rata-rata sebesar 98,9% dan hasil pengisian angket respon
sebesar 95,7%. Berdasarkan data di atas media Monogen dikatakan layak digunakan
dalam pembelajaran bagi siswa SMA kelas XII.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Monogen, Pemahaman konsep,
Pendidikan.