Perkembangan kemajuan potensi pariwisata saat ini terus meningkat dengan munculnya perubahan-perubahan wisata dalam menarik perhatian wisatawan. Berbagai strategi yang dikelola untuk memberikan kesan pengalaman di benak pengunjung. Perbaikan wisata yang diterapkan dalam strateginya mengutamakan pengunjung lama sebagai kesetiaan yang diberikan pengunjung pada wisatanya. Tujuan pada penelitian ini yaitu menganalisis dan membahas pengaruh marketing terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel mediasi padaTelaga Sarangan Magetan.
Penelitian ini menggunakan responden usia minimal 19 tahun dengan ketentuan minimal 2 kali mengunjungi Telaga Sarangan. Sampel pada penelitian ini mengumpulkan 210 responden secara offline di lokasi Telaga Sarangan menggunakan sampel non-proobability dengan teknik yaitu analisis jalur. Jenis penelitiannya yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan, kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, dan experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan mediasi terbukti secara parsial.
Kata kunci: experiential marketing, kepuasan, loyalitas
The development of the current potential for tourism continues to increase with the emergence of tourism changes in attracting the attention of tourists. Various strategies are managed to give the impression of experience in the minds of visitors. Tourism improvements implemented in the strategy prioritize old visitors as loyalty given by visitors to the tour. The purpose of this study is to analyze and discuss the effect of experiential marketing on loyalty with satisfaction as a mediating variable in Lake Sarangan Magetan. The study uses respondents aged at least 19 years with the provision that at least 2 times visit Sarangan Lake. The sample in this study collected 210 respondents offlines at the TelagaSarangan location using non-probabbility samples with a technique namely path analysis. The type of research used is quantitative research.
The results of this study indicate that experiential marketing has a significant influence on satisfaction, satisfaction has a positive and significant influence on loyalty, and experiential marketing has a positive and significant influence on loyalty with partial proven mediation.