The Use of The Quizizz Application in The Scientific Literacy Assessment of High School Students On Global Warming Material
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian literasi sains, mendeskripsikan profil literasi sains siswa SMA pada materi pemanasan global, dan menguji kepraktisan instrumen literasi sains. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen literasi sains dengan 16 soal pilihan ganda dan empat soal uraian serta angket respon siswa. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE. Analisis data kelayakan instrumen ini dilihat dari lima kriteria yaitu validitas logis dan empiris butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Angket respon siswa dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak. Subjek uji coba terbatas penelitian ini adalah 24 mahasiswa baru pendidikan fisika di salah satu universitas negeri di kota Surabaya untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian literasi sains. Sebanyak 33 siswa kelas XI MIPA 3 di salah satu SMA swasta di Krian sebagai subjek untuk uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan 10 dari 20 item soal yang dikembangkan pada instrumen penilaian literasi sains tersebut layak digunakan. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa secara keseluruhan adalah 38. Sedangkan kemampuan siswa pada setiap aspek yaitu menjelaskan fenomena ilmiah, merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah, serta menginterpretasikan data dan bukti ilmiah berada pada kategori sangat rendah, yaitu kurang dari 50%. Kepraktisan instrumen yang dikembangkan memiliki rentang nilai 62%-74% dengan kategori baik. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam kegiatan pembelajaran agar lebih efektif dan optimal dalam meningkatkan kemampuan literasi sains.
Kata kunci: Penilaian, Pemanasan Global, Aplikasi Quizizz, Literasi sains
This research aims to describe the feasibility of the scientific literacy assessment instrument, describe the high school students’ scientific literacy profile on global warming material, and examine scientific literacy instruments' practicality. The research data was collected using scientific literacy instruments with 16 multiple choice and four essays and student response questionnaires. This research refers to the ADDIE model. The analysis data of this instrument's feasibility is viewed from five criteria: the logical and empirical validity of the items, reliability, difficulty level, and distinguishing power. Student response questionnaires analyzed using quantitative descriptive methods. The sampling technique selected randomly. This study's limited trial subjects were 24 physics education freshmen at one of the state university in Surabaya city to determine the feasibility of the scientific literacy assessment instrument. Thirty-three students of Class XI MIPA 3 at one of the private senior high schools in Krian is a field trial. The results showed that the scientific literacy assessment instrument was feasible, with 10 of the 20 items developed. The average achievement of students' scientific literacy as a whole was 38. While the students’ ability in each aspect, namely explaining scientific phenomena, designing and evaluating scientific investigations, and interpreting scientific data and evidence, is in a very low category, less than 50%. The practicality of the instrument developed with a value range of 62%-74% in a good category. This research can be used as an evaluation material in learning activities to be more effective and optimal in improving scientific literacy skills.
Keywords : Assessment; Global Warming, Quizizz Application, Scientific Literacy