DEVELOPMENT OF ARGUMENTATION-BASED 3D AUDIO VISUAL MEDIA EXPLODING BOX TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL THINKING IN ELEMENTARY SCHOOLS
ABSTRAK
Fajar. 2023. Pengembangan Media Exploding Box 3D Audio Visual Berbasis Argumentasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik di Sekolah Dasar, Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd dan (II) Dr. Hendratno, M.Hum
Kata Kunci: Exploding Box 3D Audio Visual, Berpikir Kritis.
Hasil wawancara juga menjelaskan guru kesulitan membuat perlengkapan peraga ataupun media pembelajaran sehingga mengalami hambatan dalam memberikan materi kepada peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah dan analisis kebutuhan maka rumusan masalah validitas media Exploding Box 3D Audio Visual, kepraktisan media Exploding Box 3D Audio Visual, Kefektifan media Exploding Box 3D Audio Visual. Berdasarkan analisi data dan pembahasan hasil penelitian, kemudian dikaitkan dengan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian, diperoleh simpulan yakni Validasi media yang dikembangakan olek peneliti mendapat penilaian mencapai 94% artinya reliabilitas media medapatkan hasil layak dengan sedikit revisi, Validasi materi yang dikembangakan olek peneliti mendapat penilaian mencapai 89% artinya reliabilitas materi pada media medapatkan hasil layak dengan sedikit revisi, Validasi kepraktisan media yang dikembangakan olek peneliti mendapat penilaian dari validator guru mencapai 95% artinya reliabilitas keparaktisan media medapatkan hasil layak dengan sedikit revisi, Validasi kepraktisan media yang dikembangakan olek peneliti mendapat penilaian dari respon peserta didik diperoleh modus presentase ≥ 80% dengan kategori layak digunakan, Validasi keefektifan media yang dikembangakan olek peneliti Dari 10 pernyataan angket, diperoleh modus presentase ≥ 90% dengan kategori layak digunakan, dan hasil soal tes berpikir kritis dari nilai pretest 54% dengan nilai peningkatan pada posttest dari nilai 95%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa data pretest keterampilan berpikir kritis pada peserta didik sangat baik karena sudah mencapai KKM yang ditentukan
ABSTRACT
Fajar. 2023. Development of Argumentation-Based 3D Audio Visual Exploding Box Media to Improve Students' Critical Thinking in Elementary Schools, Thesis. Basic Education S2 Study Program, Faculty of Education, Surabaya State University. Supervisors: (1) Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd dan (II) Dr. Hendratno, M.Hum
Kata Kunci: Exploding Box 3D Audio Visual, Critical Thinking.