Possession game adalah salah satu permainan yang terdapat dalam pendekatan Small Sided Games, permaian possession game sendiri bertujuan untuk siswa dapat lebih memahami materi passing dalam sepakbola khususnya pada passing dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan menggunakan sarana prasarana yang ada, seperti ukuran lapangan yang kurang atau lapangan yang tidak seperti ketentuan sepakbola pada umumnya. Hasil dari pengolahan data terdapat adanya pengaruh penerapan permainan possession game terhadap hasil belajar passing sepakbola. Dibuktikan dalam uji hipotesis pada kelompok eksperimen menunujukan bahwa nilai sig 0,00<0,05, hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Sehingga dikaitkan terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen. Besarnya pengaruh hasil penerapan permainan permaianan possession game terhadap hasil belajar passing sepakbola siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Driyorejo diperoleh hasil peningkatan belajar dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh kelompok eksperimen pada aspek pengetahuan sebesar 21% dan aspek keterampilan sebesar 82,5%.
Possesion game is one of the games in Small Sided Games approach. The game itself aims to make the learners understand the soccer passing material especially passing using inner feet with the available infrastructure, such as the field with the unproper size or field which is unsuitable with the soccer general regulation. The result of data tabulation was the existence of possesion game implementation influence to the soccer passing learning result. It was proven in hypothesis test to experiment group which shows that the value was sig 0,00<0,05. This result shows that H0 was unaccepted, thus it was related to the significant influence to the experimental group. The amount of possesion game implementation influence to the soccer passing learning result of XI grader in 1 Driyorejo Senior High School obtained the learning result improvement. It was proven by the percentage calculation of experimental group in knowledge aspect as much as 21% and in skill aspect as much as 82,5%.