Pengaruh Konformitas Dan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Impulsif Membeli Pada Dewasa Awal
The Effect of Conformity and Self-Regulation on Impulsive Buying Behavior in Early Adults
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang lebih signifikan antara konformitas dan regulasi diri terhadap munculnya perilaku pembelian impulsif pada masa dewasa awal. Dengan subjek yaitu mahasiswa psikologi Unesa angkatan 2018 dan 2019 dengan rentang usia 19-22 tahun dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pembelian impulsif, skala regulasi diri, dan skala konformitas yang peneliti susun dengan teori terkait. Sementara itu, uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Spearman Rank Correlation Coefficient dan Alpha Cornbach’s, serta analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi JASP. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara konformitas dan regulasi diri terhadap perilaku impulsif membeli pada masa dewasa awal, dengan sumbangan sekitar 6,5%, sementara itu 96,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Temuan lain menunjukkan bahwa konformitas memiliki pengaruh yang lebih signifikan dalam mempengaruhi perilaku pembelian impulsif daripada regulasi diri.
This study aimed to determine the effect of conformity and self-regulation on the emergence of impulsive buying behavior in early adulthood. The subjects were Unesa psychology students in 2018 and 2019 with an age range of 19-22 years using a sampling technique, namely purposive sampling. The instruments used in this study were the impulse buying scale, self-regulation scale, and conformity scale that the research compiled with related theories. Meanwhile, validity and reliability tests using the Spearman rank correlation coefficient and Cronbach’s alpha, and data analysis using multiple linear regression analysis with the help of the JASP. The results of the data analysis indicate that conformity and self-regulation have a significant influence on impulsive buying behavior in early adulthood, with a contribution of about 6.5%, while the remaining 96.5% is influenced by other variables outside the study. Other findings show that conformity has a more significant effect on impulsive buying than self-regulation.