PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI
APPLICATION OF STATIC FLUID QUIZZZ MEDIA TO IMPROVE PHYSICS LEARNING OUTCOMES FOR CLASS XI STUDENTS
Perkembangan teknologi sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Salah satu dampak perkembangan teknologi untuk dunia pendidikan yaitu berkembangnya media pembelajaran. Media pembelajaran dibuat semenarik mungkin agar menambah minat peserta didik yang mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Quizizz sebagai alat evaluasi berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar fisika siswa kelas XI materi fluida statis menggunakan media Quizizz. Metode pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain Quasi-Experimental Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah 80 siswa dari total populasi 308 siswa yang asalnya dari dua kelas XI MIPA. Sampel terbagi menjadi dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Pada kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan media Quizizz (paperless-based test), sementara itu pada kelas kontrol diberi tes menggunakan lembar kertas (paper-based test). Instrumen pada penelitian ini yaitu butir-butir soal pilihan ganda. Sebelum diujikan kepada siswa, dilakukan uji validitas terhadap instrumen dan hasilnya valid. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan selisih rata-rata pretest posttest kelas eksperimen dengan perlakuan Quizizz lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai 39,37 sehingga dikategorikan sedang. Nilai signifikansi pada uji-t posttest kedua kelas mendapatkan nilai 0,019 yang berarti ada perbedaan. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika kelas XI materi fluida statis menggunakan media Quizizz dilakukan uji n-gain. Diperoleh nilai signifikansi senilai 0,008 berarti lebih kecil daripada 0.05 dan thitung lebih besar daripada ttabel oleh sebab sebab itu itu bisa dikatakan bahwasannya hasil uji hipotesis Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan media Quizizz materi fluida statis dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI. Sehingga Quizizz dapat diaplikasikan sebagai salah satu pilihan alat evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Quizizz, Hasil Belajar
The development of technology is very useful in the education world. One of the impacts of technological developments on the education world is the development of learning media. Learning media is made as attractive as possible to increase the student’s interest which affects their learning outcomes. This study aims to analyze the use of Quizizz media as an evaluation tool to increase student learning outcomes in class XI physics using static fluid using Quizizz media. The method in this study is an experiment with a Quasi-Experimental Design. The sample used in this study amounted to 80 students from a total population of 308 students who came from two classes XI science.. The sample is divided into two classes, namely experimental and control. The experimental class was treated using Quizizz media (paperless-based test), while the control class was given a paper-based test. The instrument in this research is multiple-choice questions. Before being tested on students, the validity of the instrument was tested and the results were valid. According to the results of research that has been carried out, the difference in the average pretest-post-test between the experimental class and the Quizizz treatment is higher than the control class with a value of 39.37 so it is categorized as moderate. The significance value in the post-test t-test of the two classes got a value of 0.019 which means there is a difference. To find out the improvement in physics learning outcomes for class XI static fluid material using Quizizz media, the n-gain test was carried out. Obtained a significance value of 0.008 which means it is smaller than 0.05 and the t-count is greater than t- table, therefore it can be said that the results of the hypothesis test Ha are accepted. So it can be said that the application of Quizizz media in static fluid material can affect the improvement of student learning outcomes in class XI. So Quizizz can be applied as an evaluation tool to measure students' abilities.
Keywords: Learning Media, Quizizz, Learning Outcomes