ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Computer Asissted Instruction (CAI) serta mengetahui apakah media pembelajaran Computer Asissted Instruction (CAI) yang dikembangkan valid dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Computer Asissted Instruction (CAI) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Computer Asissted Instruction (CAI). Metode pada penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Desain uji coba yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design The Matching-Only Posttest-Only Control Group Design. Data pada penelitian ini diperoleh dari 3 validator dan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Cerme yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas ekperimen 33 siswa dan kelas kontrol 34 siswa. Berdasarkan hasil validasi media oleh validator memperoleh presentase 81,25% yang termasuk dalam kategori valid. Hasil belajar siswa diketahui melalui posttest dan psikomotorik yang menunjukkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata Posttest kelas eksperimen 76,20 dan rata-rata kelas kontrol 67,56. Sedangkan rata-rata psikomotorik kelas eksperimen 81,57 dan rata-rata kelas kontrol 80,10.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, CAI, R&D, Hasil belajar
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF CAI AS INSTRUCTIONAL MEDIA IN GRAPHIC DESAIN BASIC SUBJECT
The research has purpose to developt Computer Assisted Instruction (CAI) as instructional media and the way to know that media which has been developed is valid and how the students’ result that have been used CAI as instructional media is better than the students who do not use CAI to help them study. The instructional media has been developed by R&D (Research and Development) method. Quasi Experimenthal Design The Macthing-Only Posttest-Only Control Group used as the trial design. The research’s data gained from 3 validators and X grade student of Multimedia Major SMKN 1 Cerme consisting of two samples. They are experimen class contained 33 students and control class contained 34 students. Based on the validation result, by validators the media gain score 81,25% which including as valid category. The students’ result learning known by posttest and psychomotor test, and the result is, experiment class gained score higher than the control class. Experiment class’ posttest result is 76,20 and the control class gain 67,56. Mean while, experiment class’ phycomotor test result gain 81,57 and the control class gain 80,10.
Keywords : Learning Media, CAI, R&D, Learning result