SELF-REGULATED LEARNING STRATEGIES AND VOCABULARY SIZE AMONG INDONESIAN EFL SENIOR HIGH STUDENTS
Belajar secara mandiri adalah proses pembelajaran yang melibatkan unsur-unsur instrinsik yang dimiliki oleh siswa, contohnya berupa strategi dan motivasi. Dalam proses pembelajaran, siswa tentu menggunakan strategi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Dalam proses pembelajaran bahasa, siswa memiliki strategi masing-masing untuk menguasi kosa kata. Tujuan penelitian kali ini yakni untuk menyebutkan beberapa strategi pembelajaran yang digunakan oleh siswa menengah atas di Indonesia dan memeriksa hubungannya dengan jumlah kosa kata yang dikuasai oleh siswa. Penelitian secara kuantitatif dilaksanakan terhadap 76 siswa sekolah menengah atas di Gresik, Indonesia. Sampel dikumpulka dengan mempertimbangkan kemudahan peneliti. Data dikumpulkan melalui nilai tes kosa kata siswa dan kuisioner tentang strategi pembelajaran secara mandiri.
Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa strategi dalam kategori kontrol lingkungan sekitar menjadi strategi yang paling sering digunakan dan kontrol emosi menjadi kategori yang paling paling sedikit penggunaanya oleh siswa. Statistik secara deskriptif dilakukan untuk menjelaskan hasil penemuan. Penemuan kedua meningdikasikan bahwa ada hubungan antara penggunaan strategi dan penguasaan kosa kata. Dengan menggunakan korelasi pearson, hasil menunjukkan bahwa ada korelasi negatif yang rendah antara dua variabel.
Kata kunci: Strategi dalam pembelajaran mandiri, Kosa kata, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Self-regulated learning is a learning process that explores the students' intrinsic factors, such as strategies and motivations. Strategies used by students are different based on their needs. In language learning, students have their strategies to acquire good vocabulary. This present study aimed to describe the self-regulated learning strategies used by the Indonesian EFL senior high students and examine the correlation with the students' vocabulary size. Quantitative research was carried out on 76 senior high students in Gresik, Indonesia. The sample was collected through convenience sampling. The data were collected through students' vocabulary level test and self-regulated learning strategies questionnaire.
The first finding shows that environmental control was the most used strategies and emotion control was the least used strategy by the students. A descriptive statistic was carried out to describe the result. The second finding indicates there was a significant correlation between strategies used by students and their vocabulary size. Pearson correlation indicates the low negative correlation between those two variables.
Keywords: Self-Regulated Learning Strategies, Vocabulary, English as Foreign Language Learners.