PENGEMBANGAN MODUL MATERI SISTEM GARDAN PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAHAN TENAGA KELAS XI SMKN 1 JABON
DEVELOPMENT OF AXLE SYSTEM MATERIAL MODULE IN THE SUBJECT OF CHASSIS MAINTENANCE AND POWER TRANSFER CLASS XI SMKN 1 JABON
Pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa program keahlian teknik kendaraan ringan. Menurut hasil observasi dan wawancara dengan guru teknik kendaraan ringan khusus pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga, kurangnya media pembelajaran yang digunakan ketika proses pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan modul, mengetahui respon siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengembangan media pembelajaran modul menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki beberapa tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Validasi media modul meliputi tiga aspek yaitu aspek materi, media dan bahasa. Tiap aspek dinilai oleh para ahli. Respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Uji-t dilakukan guna mengetahui tingkat efektifitas belajar siswa dengan media tersebut.
Hasil validasi yang telah dilakukan memperoleh hasil sebesar 0,91 pada aspek materi, 0,79 pada aspek media dan 0,88 pada aspek bahasa dengan rata-rata skor validitas media modul sebesar 0,86 yang masuk kategori validitas tinggi. Untuk respon mendapat skor 95,27% yang masuk dalam kategori sangat baik. dari sampel yang berjumlah 30 siswa. Jumlah skor nilai yang didapat pada pre-test yang dibawah nilai 70 sebanyak 27 siswa dengan total nilai sebesar 1660 dengan rata-rata 55,33. Sedangkan pada saat post-test, yang diatas nilai 70 sebanyak 30 siswa dengan total nilai sebesar 2560 dan rata-rata sebesar 85,33. Dari hasil tersebut menghasilkan kenaikan nilai pada hasil belajar siswa. Media modul dinilai efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar 62,570 > 2,0452. Dapat disimpulkan bahwa media modul yang dikembangkan valid dan efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Modul, Sistem Gardan.
Chassis maintenance and power transfer is one of the subjects that students in the light vehicle engineering skills program must take. According to the results of observations and interviews with light vehicle engineering teachers specifically in the subjects of chassis maintenance and power transfer, the lack of learning media used during the learning process has an impact on low student learning outcomes. This research aims to analyze the feasibility of the module, determine student responses and improve student learning outcomes.
The development of module learning media uses a 4D development model which has several stages, namely define, design, develop and disseminate. The module media validation includes three aspects, namely the material, media and language aspects. Every aspect is assessed by experts. Student responses are used to determine student responses to the developed media. The t-test is carried out to determine the level of effectiveness of student learning with these media.
The validation results that have been carried out obtained results of 0.91 in the material aspect, 0.79 in the media aspect and 0.88 in the language aspect with an average module media validity score of 0.86 which is in the high validity category. For response, it got a score of 95.27% which was included in the very good category. The media module is considered effective in improving student learning outcomes with the results of t count > t table, which is 62.570 > 2.0452. It can be concluded that the developed module media is valid and effective in improving student learning outcomes.
Keywords: Gardan System, Learning Media, Module.