Penerapan Konseling Individu Teknik Self Management untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik
Implementation of Individual Counseling Self Management Techniques to Reduce the Rate of Academic Procrastination
Perilaku prokrastinasi berkaitan erat terhadap menurunnya prestasi akademik peserta didik. Peserta didik yang memilki kebiasaan untuk menunda tugas akademik akan memiliki nilai yang kurang dalam mata pelajaran ataupun ujiannya. Permasalahan prokrastinasi ini juga ditemui oleh penulis ketika sedang melakukan observasi di salah satu sekolah di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari teknik self management melalui konseling individu untuk menurunkan tingkat prokastinasi yang dimiliki oleh peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data awal ialah dengan observasi, wawancara dengan guru BK dan wali kelas, wawancara dengan peserta didik, dan juga menyebar angket pre test kepada peserta didik kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pre eksperimen dengan Pretest Posttest One Group Design. Teknik untuk analisis dan pengolahan data menggunakan uji Paired Two Sample for Means dengan menggunakan excel. Hasil dari penelitian ini terbukti dapat menurunkan tingkat prokrastinasi akademik yang ditunjukkan mealalui nilai two-tail yang diperoleh adalah 0.001 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat penurunan tingkat prokrastinasi akademik peserta didik setelah diberikan layanan konseling individu teknik Self Management. Melalui penelitian ini penulis berharap agar guru BK dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu referensi untuk memberikan layanan di sekolah secara maksimal dan bagi peneliti lain penulis berharap agar penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi untuk dalam meneliti hal yang serupa dengan penelitian ini.
Kata Kunci : Konseling Individu, Prokrastinasi, Self Management
Procrastination behavior is closely related to the decline in students academic achievement. Students who have the habit of procrastinating academic assignments will have poor grades in their subjects or exams. This problem of procrastination was also encountered by the author while conducting observations at a school in Surabaya. This study aims to determine the results of self management techniques through individual counseling to reduce the level of procrastination possessed by students. The techniques used to collect initial data are observation, interviews with counselor and homeroom teachers, interviews with students, and also distributed pre test questionnaires to class VII students. This research is a pre experimental research with Pretest Posttest One Group Design. The technique for data analysis and processing uses the Paired Two Sample for Means test using excel. The results of this study were proven to be able to reduce the level of academic procrastination which was shown through the two-tail value obtained was 0.001 which is smaller than 0.05 so it can be concluded that there was a decrease in the level of academic procrastination of students after being given individual counseling services with self management techniques. Through this research, the writer hopes that counselor can use this research as a reference to provide maximum service in schools and for other researchers, the writer hopes that this research can be a reference for researching things similar to this research.
Keywords: Individual Counseling, Procrastination, Self Management