ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN CONCEPT MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 JOMBANG
Nama : Pratiwi Intan Fitriyani
NIM : 14030184057
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Jurusan : Fisika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Supardiyono, M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, peningkatan pemahaman konsep siswa serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan model guided discovery dengan concept map. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Jombang yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian ditentukan atas rekomendasi guru dan diperoleh kelas X IPA 2, X IPA 3 dan X IPA 4 yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dengan concept map pada materi momentum dan impuls terlaksana dengan sangat baik. Pemahaman konsep fisika materi momentum dan impuls mengalami peningkatan yang cukup signifikan untuk ketiga dengan kategori rata-rata sedang pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 berturut-turut sebesar 0,70; 0,66; 0,64. Model Pembelajaran guided discovery dengan concept map secara konsisten dapat mengingkatkan pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 1 Jombang. Pembelajaran guided discovery dengan concept map memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.
Kata kunci: Guided Discovery dengan Concept Map, pemahaman konsep, momentum dan impuls
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF GUIDED DISCOVERY WITH CONCEPT MAP LEARNING MODEL TO INCREASE UNDERSTANDING PHYSICS CONCEPT STUDENT IN 10th GRADE OF SMA NEGERI 1 JOMBANG
Name : Pratiwi Intan Fitriyani
Reg. Number : 14030184057
Study Program : S-1 Physics education
Department : Physics
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
Institution : Surabaya State University
Supervising Lecturer : Drs. Supardiyono, M. Si
This research aims to describe the implementation of learning activities, improving the understanding of student concept and response of students toward guided discovery model with concept map. The type of research used is quantitative research with pre-experimental design. This study uses the design of one group pre-test post-test. The population of this research is all students of X IPA class in SMA Negeri 1 Jombang which consisted of four classes. The research samples were determined by the recommendation of the teacher and obtained class X IPA 2, X IPA 3 and X IPA 4 which are normally distributed and homogeneous. The research results show that the implementation of guided discovery learning model with concept map on momentum material and impulses carried out very well. Understanding the concept of physics of momentum material and impulse experienced a significant increase with average moderate category in the experimental class, replication 1, and replication 2 in a row of 0,70; 0,66; 0,64. Guided discovery learning model with concept map can consistenly improve the understanding of student concept in SMA Negeri 1 Jombang. Guided discovery learning with concept map obtained excellent response from students.
Keywords : Guided Discovery with Concept Map, Understanding of Concept, Momentum and Impulses