Pengembangan Model Meta Virtual Project-based Networked Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerja Tim
Development of a Meta Virtual Project-based Networked Learning Model to Enhance Creativity and Teamwork Skills
Pengembangan model Meta-VPNL (Virtual Project-based Networked Learning) memiliki potensi mengatasi masalah berbagai aspek pembelajaran di abad digital dengan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan lingkungan kolaboratif yang meningkatkan keterampilan kreatifitas dan kerja tim. Penelitian ini mengeksplorasi kelebihan dari 4 model pembelajaran, menjadi sebuah model pembelajaran inovatif yang dirancang untuk meningkatkan kreativitas dan kerja tim di kalangan mahasiswa S1. Model Meta-VPNL mengintegrasikan aspek-aspek kunci dari meta-learning, virtual learning, project-based learning, dan networked learning untuk menciptakan model pembelajaran yang komprehensif dan mudah beradaptasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan model Meta-VPNL yang layak digunakan, dan mengetahui keefektifan penggunaan model dalam meningkatkan kreativitas dan kerja tim.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model Dick and Carey sebagai acuan prosedurnya. Penelitian dilakukan dengan subjek uji coba ahli desain pembelajaran, materi, media dan evaluasi pada tahap evaluasi formatif, dan 84 mahasiswa S1 TP pada evaluasi sumatifnya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk kelayakan, dan independent sample t-test untuk keefektifan produknya.
Pengembangan menghasilkan 3 produk utama, yakni buku model, RPS dan bahan ajar virtual. Ketiga produk tersebut terbukti layak digunakan dengan kategori sangat baik untuk ketiganya. Hasil analisa keefektifan model dinyatakan signifikan meningkatkan kreativitas dan kerja tim. Hasil penelitian ini menunjukkan keefektifan model ini dalam meningkatkan kreativitas dan kerja tim mahasiswa. Model ini diterapkan secara hybrid, yaitu kombinasi antara pertemuan online dan offline, dengan penggunaan LMS sebagai bahan ajar.
Analisis hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kreativitas mahasiswa yang menggunakan model Meta-VPNL dibandingkan dengan mereka yang menggunakan model pembelajaran sebelumnya. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) posttest kreativitas yang lebih tinggi pada kelas eksperimen (86.01) dibandingkan kelas kontrol (81.03). Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas, dengan nilai signifikansi 0.000, menandakan bahwa perbedaan ini signifikan secara statistik.
Terkait kerja tim, kelas yang menggunakan model Meta-VPNL menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan kelas dengan model pembelajaran sebelumnya. Skor rata-rata posttest kerja tim untuk kelas eksperimen adalah 86.31, sementara kelas kontrol mencapai 80.44. Hasil ini, yang juga diuji menggunakan independent sample t-test, menunjukkan perbedaan signifikan, dengan nilai signifikansi yang sama (0.000), mengindikasikan bahwa model Meta-VPNL efektif dalam meningkatkan kerja tim mahasiswa​.
The development of the Meta-VPNL (Virtual Project-based Networked Learning) model has the potential to overcome various aspects of modern learning by utilizing technology to create a collaborative environment that improves creativity and teamwork skills. This research explores the advantages of 4 learning models, an innovative learning model designed to increase creativity and teamwork among undergraduate students. The Meta-VPNL model integrates key aspects of meta-learning, virtual learning, project-based learning, and networked learning to create a comprehensive and adaptable learning model. The aim of this research is to develop a Meta-VPNL model and to determine the effectiveness of the model in increasing creativity and teamwork.
This research is development research, with the Dick and Carey model as a reference procedure. The study was conducted with test subjects of learning design, material, media, and evaluation experts in the formative evaluation stage and 84 undergraduate students in the summative evaluation. The data collection method uses interviews, questionnaires, and observation sheets. Data analysis uses descriptive percentages for feasibility and an independent sample t-test for product effectiveness.
The development produces 3 main products: model books, lesson plans, and virtual teaching materials. These three products are suitable for use and have very good categories. The results of the model's effectiveness analysis were stated to increase creativity and teamwork significantly. The results of this research show the effectiveness of this model in increasing student creativity and teamwork. This model is implemented in a hybrid manner, combining online and offline classes using LMS.
Research results show a significant increase in the creativity of students who use the Meta-VPNL model compared to those who use other learning models. This is evidenced by the higher average (mean) post-test creativity score in the experimental class (86.01) compared to the control class (81.03). Hypothesis testing using the independent sample t-test shows a significant difference between the two classes, with a significance value of 0.000, indicating that this difference is statistically significant.
Regarding teamwork, classes using the Meta-VPNL model show better results than classes using the other learning model. The average teamwork posttest score for the experimental class was 86.31, while the control class reached 80.44. These results, which were also tested using the Independent Sample t-test, showed significant differences, with the same significance value (0.000), indicating that the Meta-VPNL model effectively improved student teamwork.