Penelitian ini membahas tentang pengaruh model problem
based learning berbantuan media pembelajaran film sejarah terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI di
SMAN 7 Surabaya. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir
kritis peserta didik dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan pendidik
tidak berpusat kepada peserta didik atau paradigma lama yang digunakan pendidik
dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian Quasi Experimental
Design dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel
penelitian yaitu kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-8 sebagai
kelas kontrol. Teknik analisis data yang dilaksanakan dalam adalah regresi
linier berganda, uji korelasi parsial, dan uji F. Hasil analisis data melalui
uji regresi linier berganda dengan uji T memperoleh nilai signifikansi variabel
X1 sebesar 0,026 dan t hitung sebesar 2,329 serta t tabel 2,037 (0,026 <
0,05 dan 2,329 > 2,037). Keputusan diambil bahwa ada pengaruh model problem
based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada
variabel X2, nilai signifikansi sebesar 0,035, t hitung 2,186 dan t tabel 2,037
(0,035 < 0,05 dan 2,186 > 2,037). Kesimpulan diambil bahwasanya ada
pengaruh media pembelajaran film sejarah terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil
uji korelasi parsial menunjukkan nilai rhitung sebesar 0,674 dan rtabel
diketahui 0,334, maka 0,674 > 0,334 dan probabiilitas sebesar 0,000 <
0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara model problem
based learning dengan media pembelajaran film sejarah. Nilai Fhitung
pada uji F sebesar 17,687 dan Ftabel 3,28 (17,687 > 3,28) dan
nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai tersebut dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning berbantuan
media pembelajaran film sejarah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik.
Kata
Kunci: Model problem based learning , film
sejarah, kemampuan berpikir kritis.