An Analysis of Teachers’ Strategies in Teaching English during Online Learning based on English Curriculum
Analisis Strategi Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris Selama Pembelajaran Daring Berdasarkan Kurikulum Bahasa Inggris
Strategi pengajaran merupakan kegiatan dalam proses belajar mengajar yang memiliki tujuan yang ingin dicapai. Strategi pengajaran memiliki peran penting dalam melakukan proses belajar mengajar yang efektif. Guru harus memilih strategi yang sesuai dengan kondisi, kebutuhan dan lingkungan siswa. Oleh karena itu, guru harus lebih mempertimbangkan strategi yang digunakan dalam pembelajaran online, karena lingkungan siswa berbeda dengan kelas tatap muka. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap strategi pengajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam pembelajaran online. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kesesuaiannya dengan Kompetensi Dasar (KD). Selain itu, tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi juga penting. Metode kualitatif digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan beberapa strategi pengajaran seperti Ceramah, Diskusi, Permainan, Video Ceramah, Kuis dan Proyek Berpasangan. Strategi tersebut tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar. Dengan demikian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa tantangan, yaitu kesalahan internet dan keterlibatan siswa.
Teaching strategy is an activity in the teaching and learning process which has a goal to be achieved. Teaching strategy has important role in conducting an effective teaching and learning. Teachers should choose a strategy which is suitable for students’ condition, need and environment. Therefore, teachers should consider more the strategy used in online learning, because the students’ environment is different from in face-to-face classroom. This research was conducted to reveal the teaching strategy used by English teachers in online learning. Then, it continued to expose its compatibility with the basic competence (KD). Furthermore, the challenges encountered by the teachers in implementing the strategy were also important. A qualitative method was applied to gain the data by using observation and interview data collection technique. The result showed that the teachers used some teaching strategies such as Lecturing, Discussion, Games, Video lecture, Quiz and Project in pair. Those strategies were not compatible with the Basic Competence. Thus, the result also showed that the teachers encountered some challenges, they are internet error and students’ engagement.