PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SEBARAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI SMAN 19 SURABAYA
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA OF SPREAD MATERIALS AND NATURAL RESOURCES MANAGEMENT IN SMAN 19 SURABAYA
Materi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam dalam mata pelajaran Geografi kelas XI di SMAN 19 Surabaya memiliki permasalahan antara lain, nilai peserta didik yang belum mencapai KBM dengan jumlah nilai KBM 76, terdapat keterbatasan waktu dalam mempelajari keseluruhan materi, peserta didik cenderung memiliki gaya belajar kinestetik dan visual. Jika melihat dari metode belajar yang disampaikan guru yaitu metode ceramah dan tanya jawab, terdapat ketidak cocokan dalam proses pembelajaran tersebut. Sedangkan materi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam ini merupakan materi yang membutuhkan visualisasi dalam proses pembelajaran dan materinya yang bersifat konseptual membutuhkan cara agar siswa dapat memahami konsep materi dengan mudah dan sederhana.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android yang layak dan sesuai dengan tujuan dan karakteristik materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam pada mata pelajaran Geografi kelas XI di SMAN 19 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Variabel yang dikaji adalah kelayakan multimedia interaktif pada materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi (guru pengampu mata pelajaran Geografi), ahli media dan bahan penyerta (dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya). Hasil dari perhitungan data angket yang diperoleh akan diukur menggunakan penilaian skala Likert. Hasil pengukuran menunjukkan persentase dari penilaian para ahli, dari uji coba kelayakan materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam sebesar 97,3%, uji kelayakan pada multimedia interaktif sebesar 97,1% dan uji kelayakan bahan penyerta sebesar 96%. Ketiga hasil tersebut termasuk dalam kriteria penilaian yang sangat baik dan layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam telah layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Geografi kelas XI di SMAN 19 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Sumber Daya Alam
Material distribution and natural resource management in Geography class XI at SMAN 19 Surabaya have problems, among others, the value of students who have not reached the KBM with a total value of 76 KBM, there is limited time in studying the whole material, students tend to have a kinesthetic learning style and visual. If you look at the learning methods presented by the teacher, namely the lecture and question and answer methods, there is a mismatch in the learning process. While the material on the distribution and management of natural resources is material that requires visualization in the learning process and the material is conceptual in redundant so that students can understand the concept of the material easily and simply.
The purpose of this development research is to develop interactive multimedia based on android that is feasible and in accordance with the objectives and characteristics of the material distribution and natural resource management in Geography class XI at SMAN 19 Surabaya. The development model used is the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The variable studied was the feasibility of interactive multimedia on the material distribution and management of natural resources. The data collection technique used a questionnaire given to material experts (Geography subject teachers), media experts, and accompanying materials (lecturers in the Department of Curriculum and Educational Technology, Surabaya State University). The results of the calculation of the questionnaire data obtained will be measured using a Likert scale assessment. The measurement results show the percentage of expert judgment, from the feasibility test of the material distribution and management of natural resources by 97.3%, the feasibility test for interactive multimedia of 97.1%, and the feasibility test for accompanying materials of 96%. The three results are included in the very good and feasible assessment criteria. So it can be concluded that the development of interactive multimedia material on the Distribution and Management of Natural Resources is feasible and can be used in learning activities on Geography subjects in class XI at SMAN 19 Surabaya.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Natural Resources