Penerapan Metode Masase Tradisional "ESAM" Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien
Application of the "ESAM" Traditional Massage Method on Patient Satisfaction Levels
Kata Kunci : Masase Tradisional, Metode Masase, Tingkat Kepuasan Pasien.
Masase tradisional merupakan salah satu jenis pijat relaksasi yang memiliki ciri khusus pemijatan dengan menggunakan tangan atau tanpa menggunakan alat bantu. Manfaat penerapan masase tradisional pada tubuh antara lain merelaksasi otot, menurunkan kegelisahan, mengembalikan fungsi gerak otot, dan pengobatan tradisional. Masase tradisional ESAM merupakan metode masase yang dikembangkan sedemikian rupa oleh peneliti untuk memberikan sensasi yang berbeda dari metode masase tradisional pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pasien terhadap masase tradisional “ESAM”.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif analisis dari hasil tanggapan 30 pasien ESAM Beauty Care. Pada indikator kualitas produk sebesar 59,7% menjawab setuju, indikator kualitas pelayanan sebesar 53,7% menjawab setuju, indikator kualitas emosional sebesar 62,3% menjawab setuju, dan indikator harga sebesar 64% menjawab setuju. Kesimpulannya adalah dari 30 responden jawaban didominasi oleh jawaban setuju dan sangat setuju.
Keywords: traditional massage massage method, patient satisfaction.
Traditional massage is a type of relaxation massage that has special characteristics of massage using hands or without using tools. The benefits of applying traditional massage to the body include relaxing muscles, reducing anxiety, restoring muscle function, and traditional medicine. ESAM traditional massage is a massage method developed in such a way by researchers to provide a different sensation from traditional massage methods in general. The purpose of this study was to determine how big the level of patient satisfaction with traditional massage "ESAM".
The research method used is quantitative which is descriptive analysis of the responses of 30 ESAM Beauty Care patients. On product quality indicators, 59.7% answered agree, service quality indicators 53.7% answered agree, emotional quality indicators 62.3% answered agree, and price indicators 64% answered agree. The conclusion is that from 30 respondents the answers are dominated by the answers agree and strongly agree.