PERILAKU PENGGUNAAN BERLEBIH PERMAINAN DARING PADA SISWA DALAM PERSPEKTIF MODEL RESPECTFUL
EXCESSIVE USE OF ONLINE GAME BEHAVIOR IN STUDENTS IN RESPECTFUL MODEL PERSPECTIVE
Hanggara Sakty Sukma Adjie Pamungkas
Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Email : hanggarapamungkas@mhs.unesa.ac.id
Ari Khusumadewi
Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Email : arikhusumadewi@unesa.ac.id
Abstrak
Permainan daring merupakan sebuah gaya hidup baru bagi masyarakat saat ini. Sebagai sebuah media rekreasi, permainan daring mempunyai beragam dampak pada siswa. Namun ketika siswa mengalami penggunaan berlebih, permainan daring akan menimbulkan banyak dampak negatif. Sebelum memberikan layanan kepada siswa, konselor harus terlebih dahulu memahami siswa dan permasalahannya secara komprehensif. Salah satu pendekatan yang menunjang hal ini adalah model RESPECTFUL.
Tujuan penelitian ini adalah menemukan perilaku penggunaan berlebih permainan daring pada siswa dalam perspektif model RESPECTFUL. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dan teknik penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Instrumen utama penelitian adalah jurnal, majalah ilmiah, buku yang relevan dan sumber akademik lain yang mendukung. sedangkan instrumen pendukung adalah hasil tes pendahuluan dan wawancara.
Model RESPECTFUL merupakan pendekatan yang digunakan untuk assessment dan konseling yang melihat secara luas dan mendalam pada multikulturalisme, keragaman, dan konteks sosial. Model komprehensif ini berisikan 10 faktor yang mewakili berbagai hal penting dalam multikulturalisme. Dengan menggunakan model ini, maka konselor dapat meningkatkan pemahaman yang lebih besar tentang implikasi dari berbagai multidimensi identitas yang dimiliki siswa sehingga konselor bisa memberikan layanan yang sesuai untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mempunyai perilaku penggunaan berlebih permainan daring.
Kata Kunci : Penggunaan berlebih, Permainan daring, Model RESPECTFUL, Multikultural.
Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, State University of Surabaya
Email: hanggarapamungkas@mhs.unesa.ac.id
Guidance and Counseling, Faculty of Education, State University of Surabaya
Email: arikhusumadewi@unesa.ac.id
Abstract
Online games are a new lifestyle for today's society. As a recreational medium, online games have various impacts on students. However, when students experience overuse, online games will have many negative effects. Before providing services to students, counselors must first understand students and their problems comprehensively. One approach that supports this is the RESPECTFUL model.
The purpose of this study was to find the online games overuse behavior of students using RESPECTFUL model perspective. This study used a qualitative descriptive design and the research technique used was literature study. The main research instruments are journals, scientific magazines, relevant books and other supporting academic sources. while the supporting instruments are the results of preliminary tests and interviews.
RESPECTFUL model is an approach used for assessment and counseling that looks broadly and deeply at multiculturalism, diversity, and social context. This comprehensive model contains 10 factors that represent various important things in multiculturalism. By using this model, the counselor can improve a greater understanding of the implications of the various multidimensional identities that students have so that the counselor can provide appropriate services to provide assistance to students who have excessive use of online games.
Keywords: Overuse, Online Games, RESPECTFUL Model, Multicultural.