ANALISIS BUTIR SOAL US (UJIAN SEKOLAH) MATA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMA NEGERI 1 NGIMBANG
ANALYSIS OF THE QUESTION ITEMS OF SCHOOL EXAMS BIOLOGY FOR THE 2021/2022 ACADEMIC YEAR AT SMA NEGERI 1 NGIMBANG
ANALISIS BUTIR SOAL US (UJIAN SEKOLAH) MATA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2021/2022 DI SMA NEGERI 1 NGIMBANG
Nama : Kinanti Wulan Suci Marganing R.G.A.
NIM : 20010024057
Program Studi : S-1
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Atan Pramana, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil analisis butir soal yang meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, keefektifan pengecoh, validitas dan reliabilitas pada butir soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Ngimbang. Butir soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Ngimbang telah memiliki kesesuain dengan RPP, Silabus, dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada analisis butir soal, sehingga dapat diketahui tingkat kesukaran, daya pembeda, keefektifan pengecoh, validitas dan reliabilitas pada butir soal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif.
Hasil uji analisis butir soal menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal memiliki 16 soal kategori sukar, 18 soal kategori sedang dan 1 soal kategori mudah. Uji daya pembeda memiliki 10 soal kategori sangat jelek, 11 soal kategori jelek, 13 soal kategori cukup dan 1 soal kategori baik. Pada uji keefektifan pengecoh, terdapat 14,29% berkategori jelek, 34,29% berkategori kurang baik, 37,14% berkategori baik, dan 14,29% berkategori sangat baik. Butir soal yang digunakan pada Ujian Sekolah mata pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Ngimbang memiliki tingkat validitas yang sangat rendah serta hanya 8 butir soal yang valid untuk diujikan, sedangkan 27 butir soal lainnya tidak valid. Untuk reliabilitasnya, butir soal tersebut dinyatakan tidak reliabel karena hasilnya yang sangat rendah.
Kata Kunci: analisis butir soal, kesukaran soal, daya pembeda, keefektifan pengecoh, validitas, reliabilitas
Name : Kinanti Wulan Suci Marganing Rahayu Ganda A.
Courses : S-1 Educational Technology
Faculty : Faculty of Education
Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Atan Pramana, M. Pd
This study aims to analyze the results of the analysis of question items which include the level of difficulty, discriminating power, effectiveness of deception, validity, and reliability of the question items for the Biology Subject School Examination for the 2021/2022 academic year at SMA Negeri 1 Ngimbang. This research focuses on the analysis of question items, so that the level of difficulty, discriminating power, effectiveness of deceivers, validity, and reliability of the question items can be known. The method used in this study is the documentation method, while the approach used in this study is quantitative.
The results of the question item analysis test showed that the difficulty level of the questions had 16 difficult category questions, 18 medium category questions, and 1 easy category question. The discriminating power test has 10 very bad category questions, 11 bad category questions, 13 sufficient category questions, and 1 good category question. In the deception effectiveness test, there were 14.29% in the bad category, 34.29% in the poor category, 37.14% in the good category, and 14.29% in the very good category. The question items used in the School Examination for the Biology subject for the 2021/2022 Academic Year at SMA Negeri 1 Ngimbang have a very low level of validity and only 8 questions are valid to be tested, while the other 27 questions are invalid. For reliability, the question item is declared unreliable because the results are very low.
Keywords: Analysis of question items, difficulty of questions, discriminating power, effectiveness of deceivers, validity, reliability